DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Sebanyak 3000 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Dinkes Situbondo

BeritaNasional.ID I SITUBONDO-Sebanyak 3000 vial vaksin COVID-19 Sinovac yang dikirim dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo sekitar pukul 23.00 WIB, Senin (25/1/2021) malam.

Pengiriman vaksin COVID-19 tersebut dikawal ketat aparat kepolisian Polda Jatim menggunakan kendaraan khusus dan disambut dengan pengamanan yang ketat oleh petugas Polres Situbondo, Kodim 0823/Situbondo, Kejari Situbondo dan pihak terkait lainnya.

Keterangan yang disampaikan Kabag Ops Polres Situbondo Kompol Yatno Mardi SH saat mensaksikan kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac mengatakan bahwa, aparat kepolisian dan TNI akan menjaga vaksin COVID-19 hingga didistribusikan ke 17 puskesmas, 2 rumah sakit dan 2 klinik.

“Kita bersama rekan TNI juga akan melakukan penjagaan dan melakukan pengkawal vaksin COVID-19 ketika nanti pengamanan distribusikan ke puskesmas-puskesmas. Hal ini dilaksanakan agar keamanan vaksin tetap terjamin. Selain itu, Polres dan TNI juga akan terus melakukan imbauan tentang program vaksinasi COVID-19 ke masyarakat,” pungkas Kabag Ops Polres Situbondo.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Situbondo H. Imam Hidayat M.Kes mengatakan bahwa, vaksin COVID-19 akan disimpan di tempat khusus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). “Vaksin COVID-19 Sinovac termin pertama yang di kirim dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, sudah tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo sebanyak 3000 vial.

Menurut Imam Hidayat untuk menjaga keamanan vaksin COVID-19 pihaknya akan bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TNI. “Ketika nanti vaksin didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit serta klinik akan mendapat pengawalan dari Polri dan TNI,” ujarnya.

Sesuai dengan pengajuan semula pencanangan vaksin akan di suntikan kepada 10 orang pimpinan di Kabupaten Situbondo kemudian dilanjutkan penyuntikan vaksin itu kepada petugas kesehatan (Nakes) Vaksin akan dilakukan di setiap fasilitas pelayan kesehatan (pasyankes) seperti rumah sakit dan Puskesmas.

“Untuk pencanangan penyuntikan Vaksin COVID-19 Sinovac akan dilakukan kepada Plt Bupati, Kapolres, Dandim, pimpinan organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Januari 2021 di Rumah Sakit dr Abdoer Rahem Situbondo.” ujarnya.

Adapun sasaran tahap pertama vaksinasi COVID-19 yaitu tenaga kesehatan sebanyak 2.799 orang dan pelayan publik tercatat 19.603 orang. Jumlah yang diusulkan mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 Sinovac sebanyak 403.346 orang.

“Pertama yang akan divaksin pimpinan daerah di Kabupaten Situbondo seperti Plt, Bupati Situbondo, Dandim dan Kapolres. Selanjutnya, tahap ke dua tenaga kesehatan dan pelayan publik. Sedangkan, tahap ke tiga vaksinasi akan dilakukan kepada masyarakat umum. Oleh karena itu, untuk mensukseskan program vaksinasi ini, saya imbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Situbondo tidak usah takut dan ragu untuk disuntik vaksin COVID-19 Sinovac. Karena vaksin sudah mendapat lebel aman dan sudah mendapat izin dari BPOM,” pungkas Imam Hidayat.

Show More

Related Articles

Back to top button