Sulbar

Sekprov Sulbar : Kelompok Tani Kontara Garden Polman akan Jadi Percontohan Dan Tempat Pelatihan Pertanian Kelompok Tani

Polman.Sulbar.Berutanasional.id –Kelompok Tani Kontara Garden , yang diketuai oleh Ir Muh Abduh MM .MMA melakukan panen perdana jagung pakan yang dihadiri langsung oleh Sekda provinsi Sulawesi Barat . Dr. muh Idris , kadis Pertanian provinsi Sulawesi Barat.H. Penyuluh Pertanian dan tamu undangan lainnya Mukhtar .S.I.P . Sabtu 4 Juli .

Penyerahan mesin Pemipil oleh Sekprov Sulbar. Dr.Muh Idris sekaligus memungsikan mesin ( foto yuni bernas )

Lahan Pakan jagung yang dikelola sebelumnya merupakan lahan tidur tidak bermamfaat Seluar 5 HA lahan , yang terbagi pada 2 lokasi yakni di desa Rea dan Paku , lahan tidur yang berhasil dikelola oleh H. Muh Abduh , disulap menjadi kebun Jagung Pakan ,dengan produksi mencapai 8 sd 9 ton .

Kadis Pertanian prov Sulbar .H.Mukhtar ( tengah ) didampingi Muh Abduh saat menyerahkan bantuan bibi jagung ( foto yuni bernas )

Selain berkebun Jagung Pakan ,
diatas lahan seluas 3 HA yang berlokasi di belakang TMP Rea Timur Kec Binuang Kab Polman Sulbar , Kelompok Tanah Garden binaan H Abduh, juga beternak Sapi , ayam Kampung , dan ayam Broiler dimana , kotoran ternak dikelola menjadi Pupuk kandang , sedang jerami jagung diolah menjadi makanan ternak Sapi .

Direk Perw Sulbar Pupuk An Organik Super tani , Ikhtiar Zain saat menyerahkan bantuan pupuk ke Kelompok Kontara Garden ( foto yuni bernas )

Sekda Prov Sulbar ,  .Dr. Muh Idris , usai menyerahkan Mes in Pemipil Jagung mengatakan Patut diapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh Kelompok Tani Kontara Garden binaan H Abduh karena melakukan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat lokal ditengah pandemi Covid-19 , sebagai lembaga yang bertanggungjawab tentunya akan memberikan dukungan dan bantuan nantinya kepada kelompok tani yang produktif seperti kelompok Tani Kontara Garden ini , bahkan akan memberikan referensi kepada kelompok Tani Kontara Garden sebagai kelompok Tani percontohan dan dapat memberikan pelatihan kepada kelompok tani lainnya yang ada di prov Sulbar , Jelas Idris .

Ditempat yang sama Kadis Pertanian Prov Sulbar Mukhtar mengatakan Saat ini tanaman jagung merupakan komiditi tanaman yang dikembangkan secara Nasional , dimana tahun ini kita dapat bantuan alokasi seluas 10.000 ha dari pusat dan bantuan dari Apbd berupa cadangan benih 150 ha. Ulas Mukhtar

Masih dengan Mukhtar lanjut memgatakan Perkebunan pakan Jagung yang dikelola oleh kelompok Tani Kontara Garden bukan lagi Demplot melainkan Denpam serta dicanangkan akan menjadi Demarea dengan skala lebih luas lagi karena lahan yang mendukung serta antusias masyarakat cepat sadar menanggapi lahan garapan.

Selain itu kita bekerjasama dengan PT Pupuk Kaltim dan Pupuk Petro Kimia, untuk pengembangan pertimbuhan tanaman Pakan Jagung yang maksimal , karena kelemahan jagung sangat rakus unsur hara , apa lgi berada diatas lahan marginal seperti ini , lahan tidur yang kurang asupan air .selain itu kita juga telah bermitra dengan PT Amalia sebagai Opteker yang siap memberikan bantuan kredit beruoa pupuk non subsidi yakni pupuk NPK dan Ure dengan sistem Yarmen ( Bayar setelah Panen ), serta petani dapat memohon kredit di Bri program KUR melalui pihak PT Amalia . Jelas Mukhtar .

H. Muh. Abduh mengatakan Pengelolaan lahan tidur yang di kerja secara bersama dengan Kelompok Tani Binaanya Kontara Garden , memerlukan waktu Sebulan mengelola lahan lalu di tanami bibit jagung dengan rentang waktu selama 99 hari siap panen , penyemprotan dilakukan sekali dan pemupukan sebanyak 2 kali , untuk mendapatkan hasil yang maksimal tanaman jagung tidak boleh berada pada lahan yang teduh , tanaman harus kontak langsung dengan sinar matahari tanpa gangguan pepohonan disekitar tanaman, bibit jagung yang ditanam merupakan bibit Bisi 18 merupakan bibit jenis jagung baru , Jelas Muh Abduh .

Selain penyerahan Bantuan Mesin Pemipil oleh Sekprov Sulbar , Kadis Pertanian Prov Sulbar juga menyerahkan bantuan benih jagung serta bantuan pupuk Tani Super yang diserahkan langsung oleh Direk Perwakilan Sulbar Pupuk Tani Super Ikhtiar Zain .

Hal yang lebih unik lagi dikelola oleh Kelompok Tani Garden adan menarik perhatian pengunjung dan tamu undangan termasuk Ny Sekprov Sulbar Prof Kartini Idris dalah Pengelolaan tanaman hias jenis Bonzai kelapa yang di kelola oleh wanita – wanita Kontara Garden dengan penanggungjawab Yohanes dan Rismawati dalam pemasaran Bonzai Kelapa , dalam sehari dapat memproduksi tanaman sebanyak 30 tanaman hias jenis Bonzai kelapa , yang siap dipasarkan dengan mahar kisaran 100 sd 150 per Bonzai , selain tanaman Bonzai kelapa , tanaman anggrek berbagai jenis serta bibit durian , rambutan dll dapat kita temui di Perkebunan Kelompok Tani Kontara Garden . ( Yuni )

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close