BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024
Trending

Selisih Perolehan Suara Kecil Antar Caleg di Bondowoso, Pemicu ‘Korban’ Minta PSU

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Pertarungan mendapatkan tiket ke kursi legislatif di Kabupaten Bondowoso cukup ketat. Bukan hanya membutuhkan strategi, tapi juga modal dan ‘indikasi perbuatan curang’.

Seperti yang terjadi di Dapil V yang meliputi; Kecamatan Curahdami, Pakem, Binakal, Taman Krocok, Tegal Ampel, dan Kecamatan Wringin. Diduga, di salah satu kecamatan di Dapil V tersebut ada pihak yang berbuat curang.

Data yang berhasil dihimpun BeritaNasional.ID,  dugaan kecurangan berawal perolehan suara dari 3 Politisi yang selisihnya sangat kecil, yakni ; Martha Suprihartini, SE,  H. Samsul Tahar, S.Ag, dan Miftahul Huda, SH.

Selisih perolehan Martha, sapaannya, dengan Samsul Tahar terpaut sebanyak 67 suara. Kemudia suara Martha dengan Miftahul Huda berselisih sebanyak 80. Sementara selisih antara Miftahul Huda dan Samsul Tahar hanya sebanyak 13 suara.

Sementara, di Medos tersebar Caleg yang akan melenggang ke Gedung Parlemen DPRD  Kabupaten Bondowoso adalah Mohammad Soleh Aminullah, H. Samsul Tahar, S.Ag, Sofi Indriasari, ST.

Kemudian Ady Kriesna, SH, Drs. H. Buchori M, dan siasanya akan diperebutkan oleh 4 Partai Politik (Parpol). Yaitu PKB, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golkar, dan PDIP.

Setelah Samsul Tahar dan Miftahul Huda mendesak penyelenggara dihitung ulang, baru diketahui telah terjadi pergeseran perolehan suara dari Caleg yang satu ke Caleg yang lainnya.

Data lain yang diperoleh media ini, 10 Besar perolehan Caleg Se-Kecamatan Curahdami berdasarkan Form D Hasil PPK adalah Martha Suprihartini, SE (PKB 3.758), Irsyad Abdul Ghani (Gelora 1.881),

Kemudian Drs. H. Buchori M (PPP 1.624), Ahmadi (PPP 1.553), Sofi Indriasari, ST (PDIP 1.505), Ady Kriesna, SH (Golkar 1.407), Miftahul Huda, SH (PKB 1.338), Moh. Abd. Khalik, S.Sos (Gerindra 1.102), H. Samsul Tahar, SAg (PKB 936), dan Indrawati, S.Pd (PKS 438).

Kesalahan Penulisan Angka
Sedangkan di Kecamatan Binakal Ahmadi 1.837, Ady Kreisna, SH  1.370, Mohammad Soleh Aminullah 1.358, Martha Suprihartini  1.145, Miftahul Huda, SH  696, Drs H. Buchori M  430, Sofi Indriasari, ST 328, dan H. Samsul Tahar, S.Ag 111.

Ketua KPUD Bondowoso, Junaidi, SH ketika dikonfirmasi membenarkan terjadinya Penghitungan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Binakal. Karena ada kesalahan penulisan angka.

“Dugaan sementara, karena petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kelelahan, sehingga salah menulis angka. Namun KPUD akan melakukan Pulbaket atas trouble tersebut,” kata Jun, sapaannya. (Syamsul/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button