DaerahJawa TimurSitubondo

Semua Fraksi DPRD Situbondo Setujui Rencana Awal RPJPD 2025 – 2045

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo yang membahas tentang Persetujuan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025 – 2045 berlangsung kondusif. Sebab, dalam rapat paripurna ini semua Fraksi DPRD Situbondo menyetujui dokumen rencana awal RPJPD 2025 – 2045, tapi dengan beberapa catatan, Selasa (19/03/2024).

Rapat Paripurna yang di hadiri Bupati, Wakil Bupati, Seketaris Daerah beserta pimpinan Organisi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Situbondo dan pejabat vertikal serta tamu undangan lainnya berlangsung khidmat.

Bupati Situbondo Karna Suswandi usai mengikuti rapat paripurna mengatakan bahwa Rencana Awal (Ranwal) RPJPD ini merupakan gambaran Kabupaten Situbondo di masa depan. “Dokumen RPJPD ini tidak bersifat teknis, tetapi merupakan berbagai gambaran yang akan kita capai pada tahun 2045,” jelasnya.

Sedangkan, tataran teknisnya, sambung Bupati Karna, akan diterjemahkan dalam APBD setiap tahunnya, namun ada jangka menengahnya yang akan menopang cita-cita Kabupaten Situbondo sebagaimana yang tertuang dalam RPJND dan RPJPD yang ada.

“Penyusunan RPJPD bertujuan untuk menghadirkan acuan dasar dalam menentukan arah kebijakan dan strategi pembangunan daerah dalam kurun waktu 5 tahun mendatang,” jelas Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Sementara itu, Edi Wahyudi Ketua DPRD Situbondo mengatakan pembasan tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 telah disetujui oleh seluruh Fraksi DPRD Situbondo. “Semua Fraksi menerima pembahasan awal RPJPD 2025 – 2045, dengan berbagai catatan,” kata Edi Wahyudi.

Selanjutnya, kata Edi Wahyudi, pembahasan RPJPD 2025 – 2045 akan dilaksanakan kembali pada rapat paripurna yang akan datang. “Setelah dilakukan pembahasan-pembahasan yang intensif, baik ditingkat komisi dengan mitra kerjanya maupun Baperpeda. Dari sekian banyak pembahasan oleh kelengkapan DPRD Situbondo, kemudian dilakukan pembahasan di tingkat paripurna ini,” jelasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button