BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Setelah Empat Tahun Vakum, Kegiatan Pramuka Kwarran Ranting Kecamatan Bondowoso Digelar Lagi

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Panas terik sinar matahari sore itu sepertinya tak menyurutkan niat anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bondowoso untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Jum’at- Sabtu-Minggu (Perjusami), Jum’at (11/08/2023).

Mengenakan seragam Pramuka lengkap dengan baret serta hasduk, puluhan siswa ini rela kulitnya terbakar sinar matahari sore itu.

Kegiatan yang sempat vacum selama 4 tahun tersebut dibuka langsung oleh Waka Abdimas Humas, Sidik Waluyo, S.Sos., M.M.

Waka Abdimas mengatakan, seorang anggota Pramuka harus memiliki sikap yang tangguh, disiplin dan rasa tanggung jawab yang hebat. “Kegiatan perkemahan ini dapat membentuk dan melatih kalian menjadi pribadi berkarakter kuat, sehingga bisa mendapatkan manfaat, yaitu menjadi lebih mandiri, memupuk rasa disiplin, semangat kerjasama dan gotong royong, kepedulian sesama dan belajar berorganisasi yang baik,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, Perjusami merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat ranting.

“Kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun dengan penuh kesenangan. Jadi disini senang disana senang,” ucapnya.

Sementara itu, dalam laporannya ketua panitia Wito Effendi, S.Pd., mengatakan, Perjusami Jambore Ranting Kecamatan Bondowoso tahun 2023 diikuti oleh 27 regu putra dan 31 regu putri dari SD Negeri/Swasta Se-Kecamatan Bondowoso.

Mengusung tema ‘Berkarakter, mandiri, cerdas, bersatu dan terampil’, ada 2 kegiatan inti yang akan diikuti oleh siswa.

“Ada dua kegiatan inti dalam Perjusami tahun ini, yaitu lomba pionering, yel-yel dan PBB serta atraksi seni budaya yang akan diikuti oleh masing-masing regu,” jelas Wito, sapaannya.

KS SDN Dabasah 5 itu menambahkan, tujuan diadakan Perjusami adalah untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Kurikulum merdeka (Kurmer) dan melatih kemandirian serta kedisiplinan anak didik.

Korwil Kecamatan Bondowoso, M. Zainul Arifin, M.Pd., mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak Kwarran. Diakui Arif, sapaannya, selama pandemi Covid-19, kegiatan Pramuka di Bondowoso tidak seaktif sebelum pandemi.

“Hari ini kegiatan Perjusami di Kecamatan Bondowoso Alhamdulillah sukses,” kata Arif. Dia berharap, kegiatan Pramuka di Kecamatan Bondowoso, khususnya jenjang SD bisa lebih aktif lagi, agar karakter siswa terbentuk. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button