BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Siapa Politisi PKB Yang Tetap Bertahan Dan Tereliminasi Dari Gedung DPRD

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk tetap bertahan sebagai Partai penguasa parlemen, PKB mengerahkan kader terbaiknya untuk mendulang suara di setiap Daerah Pemilihan (Dapil). Mulai dari Dapil 1 hingga Dapil 5.

Sebelumnya, PKB berhasil mengirim kadernya ke Tenggarang (sebutan gedung DPRD, red) sebanyak 13 orang. Mereka adalah HA Soedarsono, S.Sos dari Dapil 1. Disusul 4 orang dari Dapil 2. Yaitu, H. Ahmad Dhafir, SH, H. Sutriyono, S.Ag, MM, H. Zaki Imron Humaidi, SHI, dan Harli.

Sementara dari Dapil 3 yang berhasil menjadi wakil rakyat adalah Mahfid, S.Ag dan Siti Rukyyah. Dapil 4 ada 3 politisi yg berhasil menembus gedung DPRD. Ketiganya adalah H. Tohari, S.Ag, A. Mansur, SH, MH, dan Mohammad Sohib. Sedangkan Dapil 5 juga ada politisi PKB yang berhasil masuk Tenggarang. Yaitu Mohammad Saleh Aminullah, Deni Kurniawati, S.Pd, dan H. Samsul Tahar, SAg.

Lalu siapakah politisi PKB yang tetap bertahan dan tersingkir dari kursi panas DPRD. Mari kita lihat data sementara yang berhasil dihimpun Berita Nasional.ID.

Di Dapil 1, yang penghitungannya masih 39,37%, 3 politisi bersaing ketat. Urutan pertama diraih Gina Balanza Mulia, putri Kepala Disparporabud, Mulyadi, SP, MM dengan mendulang suara 923.

Disusul incumben HA. Soedarsono, S.Sos dengan meraup suara 824. Sementara urutan ketiga diperoleh politisi muda pendatang baru yang berbackground wartawan, Pringgo Cahyaningrat, SAP dengan mendulang suara 528.

Sedangkan di Dapil 2, yang paling banyak menempatkan kadernya di DPRD ada pendatang baru yang suaranya cukup signifikan, Didik Yulianto, mantan Kades Kladi yang memperoleh suara 1.644.

Sedangkan 3 perolehan suara terbesar lainnya, H. Ahmad Dhafir, SH, Ketua DPRD 4.985 suara. Runner up Ketua Komisi 3, H. Sutriyono, S.Ag, MM 2.567 suara, dan urutan ketiga H. Zaki Imron Humaidi, SHI, Ketua Bapemperda dengan perolehan suara 2.211. Kalau Dapil 2 tetap mengirim 4 wakilnya di gedung DPRD, kemungkinan yang tereliminasi Harli. Karena suaranya kalah dengan Didik.

Sementara di Dapil 3, politisi baru dari Ijen, Agil Prastika mendominasi perolehan suara, 2.813. Disusul Siti Rukayyah, Istri Kades Rejo Agung Kecamatan Sumber Wringin memperoleh suara sebanyak 2.424.
Mahfid, SAg, Bendahara PKB dipilih oleh 486 orang. Kemungkinan di Dapil 3, H. Mahfid keluar dari gedung DPRD diganti Agil.

Untuk Dapil 4, Tohari, S.Ag, Ketua Komisi 1 tetap bertengger di urutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 2.718. Urutan kedua, Ketua MWC NU Grujugan, A. Mansur, SH, MH, memperoleh 2.092 suara. Dan Mohammad Shohib hanya mendapatkan suara 848.

Pertarungan di Dapil 5 juga cukup ketat. Miftahul Huda, SH, membayang-bayangi perolehan H. Samsul Tahar, S.Ag. Keduanya mendapat suara 2.159 dan 2.553. Namun tetap tidak bisa mengungguli Deni Kurniawati, S.Pd, isteri Kades Bukor Kecamatan Wringin yang mendapat suara 4.051 dan suara Mohammad Saleh Aminullah, incumben dengan mengantongi suara 3.531.

Dari 45 Calon Legislatif (Caleg) PKB di 5 Dapil, untuk sementara suara tertinggi diraih oleh H. Ahmad Dhafir, SH (4.985) Dapil 2, Runner up Deni Kurniawati, SPd (4.051), dan Mohammad Saleh Aminullah (3.531). Keduanya dari Dapil 5.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button