HeadlineJawa TimurKemendagriNasionalPemerintahanRagamSitubondo

Situbondo Raih Peringkat 3 Kabupaten Terinovatif Ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2023 Kemendagri

BeritaNasional.id, SITUBONDO JATIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo , Jawa Timur meraih penghargaan sebagai kabupaten terinovatif ke-3 di Indonesia dalam ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penganugerahan yang diterima langsung oleh Bupati Situbondo Drs H.Karna Suswandi itu bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C lantai 3 Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Melalui sambungan telepon Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi atau baisa dipanggil Bung Karna itu menjelaskan, kabupaten Situbondo menerima penghargaan dan predikat sebagai sebagai kabupaten terinovatif dan inovasi daerahnya Rangking 3 secara nasional, dengan mendapat penghargaan tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkab sekaligus masyarakat Situbondo,

“Pengharggan ini adalah kerja keras seluruh pimpinan OPD yang mendapat dukungan penuh dari masayarakat kabupaten Situbondo, ada dua inovasi yang ditanpilkan dalan persentasi akhir dari 220 inovasi yang kita tampilkan dalam penilaian lapangan, pertama inovasi Plaza Situbondo sebuah layanan dimana masyarakat hanya cukup di kantor desa, masyarakat sudah bisa mendapatkan layanan yang diperlukan, sehingga tidak perlu lagi ke kabupaten dan ke kantor Kecamatan cukup sampai di desa,” terang Bupati. Rabu (13/12/2023).

Sementara Inovasi kedua di sampaikan oleh Bung Karna adalah inovasi non-digital yakni padi BK 01 dan padi BK 02 agritan yang mendapatkan sambutan yang luar biasa dan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) layak edar dari Menteri Pertanian (Mentan).

“Alhamdulilah berkat keunggulan yang kita miliki, bibit padi BK 01dan BK 02 agritan akan dibeli Kementrian Pertanian untuk disebar dan di replikasikan ke suluruh Indonesia, ini menjadi kebanggan tersendiri karena akan memperkenalkan kabupaten Situbondo bukan hanya di Jatim tetapi secara nasional masyarakat petani akan banyak tau tentang Situbondo, yang memiliki bibit yang luar biasa, ” tutur Bung Karna.

Sedari awal Kemendagri mewajibkan dua inovasi yang dipaparkan, yaitu inovasi digital dimana inovasi ini memberikan kemudahan akses yang cepat bagi masyarakat, cukup di desa tapi semua layanannya bisa di terima oleh masyarakat, kedua inovasi non digital yaitu padi BK keunggulannya sangat luar biasa disamping umurnya sangat genja hanya umur 75 – 80 hari.

“Produksinya sangat bagus bisa 9ton per hektar, pada panen pertama bersama ibu gubenur itu keluar 8.8ton per hektar juga ada keunggulan baru yaitu tahan hama, bahkan ada keunggulan baru yang tidak sengaja ditemukan oleh tim saat turun kelapangan, Padi BK 01 dan BK02 agritan ini juga tahan terhadap kekeringan tentunya dengan keunggulan akan menambah kesejahteraan bagi masyarakat Situbondo, dan itulah yang kemudian menjadi poin poin kita mendapat ranking ke-3 indeks inovasi daerahnya, ” ucapnya.

Secara khusus Pria kelahiran Desa Curahtatal itu mengucapkan banyak- banyak terima kasih kepada masyarakat Situbondo dan pimpinan OPD yang telah bekerja keras mendukung dan berprestasi dalam pelaksanaan berbagai program – program pemerintah termasuk kegiatan – kegiatan inovasi yang dikembangkan oleh pemrintah Kabupaten Situbondo.

Berikut daftar peringkat Kabupaten terinovatif dalam ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabupaten :
– Wonogiri
– Banyuwangi
– Situbondo
– Sragen
– Bogor
– Bangka
– Tabalong
– Padang Pariawan
– Pamekasan
– Temanggung
– Boyolali
– Mesuji
– Blora
– Klaten
– Hulu Sungai Selatan
– Sampang

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button