ArtikelHeadline

SMA Dwiwarna: Islamic Boarding School Terbaik di Wilayah Jabodetabek

Sejarah dan Keunggulan SMA Dwiwarna (Boarding School)

SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah salah satu sekolah unggulan yang ada di wilayah Jabotabek. Keunggulan SMA Dwiwarna (Boarding School) bukan hanya dari siswanya saja, tetapi juga para pengajar dan faktor-faktor lainnya. Keunggulan islamic boarding school di Bogor tersebut menjadi pertimbangan utama orang tua untuk memasukkan anak-anaknya.

Selain mengajarkan siswa-siswanya ilmu pengetahuan sebagaimana sekolah umum biasa, di sini juga terdapat pendalaman agama Islam. Perpaduan antara ilmu pengetahuan dan agama tersebut diharapkan mampu membentuk generasi unggulan. Generasi yang bukan hanya pandai dalam keilmuan (sains) tetapi juga berakhlak mulia sebagaimana ajaran agama.

Sejarah SMA Dwiwarna (Boarding School)

SMA Dwiwarna adalah Islamic boarding school yang berada di Parung, Kabupaten Bogor. Sebagai sekolah Islam berasrama SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki sejarah bagaimana bisa berdiri dan berkembang dengan baik seperti sekarang. Pendirian SMA Dwiwarna (Boarding School) berawal dari ide Ibu Ratih Natawidjaja yang merupakan ibunda dari Bapak Ginandjar Kartasasmita.

Berawal dari pengajian kemudian berdirilah sebuah yayasan pendidikan Islam yang diberi nama Dwiwarna. Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna menjadi cikal bakal SMA berasrama di Bogor yang telah menjadi unggulan saat ini. Yayasan ini juga yang mengelola kegiatan operasional di SMA Dwiwarna (Boarding School). Berdirinya SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki tiga tujuan yaitu :

  • Menyediakan lembaga pendidikan keislaman yang berkualitas baik.
  • Meningkatkan SDM agar bisa memiliki daya saing seperti negara maju.
  • Ikut andil dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Akhirnya pada tahun 1998 berdirilah sekolah SMA Dwiwarna (Boarding School) dimana 20 Juli 1998 untuk pertama kalinya memulai kegiatan belajar mengajar. Siswa angkatan pertama tersebut berjumlah 81 orang yang didapatkan dari seleksi dan program beasiswa. Adapun dana operasional berasal dari donatur dan para pengusaha muslim.

Keunggulan SMA Dwiwarna (Boarding School)

Sudah memasuki usia 22 tahun dan semakin berkembang tentunya ada keunggulan SMA Dwiwarna (Boarding School) yang sulit didapatkan dari sekolah lain. Inilah beberapa keunggulan dari SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor:

  1. Sekolah Rujukan dan Sekolah Penggerak

Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar SMA Dwiwarna (Boarding School) juga menerapkan Kurikulum Nasional sebagaimana sekolah umum lainnya. Bedanya disini dilakukan perpaduan dengan program keagamaan, yaitu Islam sehingga menjadi suatu keunggulan.

Prestasi bidang akademik lainnya adalah ditunjuknya SMA Dwiwarna sebagai Sekolah Rujukan dari Kemendikbud pada Tahun Ajaran 2013/2014. SMA Dwiwarna (Boarding School) manjadi sekolah swasta yang dipilih sebagai pelopor pelaksanaan Kurikulum 2013.

Bukan hanya itu karena pada TA 2021/2022 setelah melalui tahapan seleksi oleh Kemendikbud SMA Dwiwarna berhasil meraih gelar sebagai Sekolah Penggerak. Artinya sekolah ini menjadi sekolah pilot dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

  1. Program Asrama bagi Siswa

Ada juga program asrama yang diperuntukkan bagi para siswa SMA Dwiwarna (Boarding School). Program asrama ini dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Program bimbingan kepribadian serta kepemimpinan.
  • Program pembinaan sikap, keterampilan serta wawasan yang dilengkapi dengan praktik islamiyah.
  1. Program Kesiswaan Unggulan

SMA Dwiwarna (Boarding School) juga mempunyai program khusus kesiswaan yang cukup banyak jenisnya seperti bimbingan masuk sekolah kedinasan, bimbingan sekolah ke Jerman dan sebagainya. Adapun program kesiswaan ini memiliki tujuan mempersiapkan para siswa supaya bisa menghadapi perubahan yang terjadi secara global dan sangat cepat dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan lainnya yaitu membentuk siswa menjadi manusia yang berkarakter baik dan kuat.

Tidak dapat dipungkiri banyaknya jumlah siswa yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia karena mereka melihat keunggulan SMA Dwiwarna (Boarding School). Keunggulan lainnya bisa dilihat dari berbagai fasilitas boarding school yang bagus, modern dan canggih yang disediakan bagi para siswa.

Sumber :

https://www.smadwiwarna.sch.id/

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button