Ragam

Songsong Hari Ibu, PKK Desa Blimbingsari Gelar Lomba Balita Sehat

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Menyongsong peringatan Hari Ibu Nasional yang jatuh pada 22 Desember, PKK Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar Lomba Balita Sehat, Selasa (28/11/17). Bertempat di pendopo kantor Desa Blimbingsari, lomba yang bertujuan meningkatkan peran ibu untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balita itu dipenuhi oleh ibu-ibu PKK bersama dengan balita-balitanya yang lucu-lucu.

Kegiatan ini dihadiri Camat Blimbingsari yang diwakili Sekcam, Pj. Kades Blimbingsari Abdul Azi, Kades terpilih Muhbiruddin, ketua tim penggerak PKK, bidan Desa Blimbingsari Sri Hartini A.Md dan tim juri dari PKM Badean.

Lomba Balita yang baru pertamakali digelar ini mendapat respons yang luar biasa dari ibu-ibu muda bersama Balita-Balita nya yang sehat dan lincah. Sehingga suasana Selasa siang di Balai Desa Blimbingsari terlihat sangat ramai dengan suara jerit, tangis, tawa dan teriakan Balita yang ikut menjadi peserta. Sebanyak 36 peserta tercatat mengikuti Lomba Balita Sehat ini. Sedangkan peserta yang ikut dalam lomba ini diambil dari perwakilan 6 Posyandu.

“Ada 3 kategori penilaian dlm lomba ini, yaitu mulai usia 06 – 12 bulan. Kemudian 13 – 36 bulan dan 37 – 60 bulan. Secara keseluruhan, peserta diambil dari 6 Posyandu yang ada di Desa Blimbingsari,” ujar Sri Hartini, A.Md.Keb.

Di Desa Blimbingsari sendiri ada 4 dusun, yaitu Dusun Krajan ada 2 Posyandu, Bentengan ada 1 Posyandu, Tegalwero 1 Posyandu dan Pecemengan 2 Posyandu. Semua Posyandu di dusun ikut serta dalam lomba ini. Sehingga dengan keikutsertaan dari semua Posyandu tersebut, membuat Lomba Balita Sehat yang dibuka oleh Sekcam Blimbingsari serta dimulai pukul 09.00 – 11.30 menjadi semarak dan meriah.

Ibu-Ibu PKK bersama kader-kader PKK juga menyediakan tempat bermain anak, makanan bergizi dan fasilitas lainnya supaya Balita yang ikut dalam lomba ini tdk rewel. Sementara untuk hasil skor terbaik semua juri sangat teliti dalam melaksanakan tugasnya. Dan diakhir lomba, team juri mengumumkan hasil kejuaraan.

Diantaranya juara kelompok usia 06 – 12 bulan diraih Destiana, Dayu Ageng, Nadia Datul.
Juara kelompok usia 13 – 36 bulan digondol Nadia Raudotul, Ahmad Nauval dan Safitri.
Juara kelompok usia 37 – 60 bulan disabet Narendra, Nilam dan Fauziyah.

“Semua penilaian peserta diambil dari pertumbuhan dan perkembangannya, mulai dalam kandungan sampai usia yang dikategorikan. Kegiatan lomba ini lebih untuk memacu ibu-ibu yang memiliki Balita agar lebih meningkatkan dalam melihat perkembangan dan pertumbuhan anaknya serta lebih aktif dengan kecintaannya terhadap Posyandu,” pungkas Bidan Sri Hartati. (Oni & Ega)

Caption : Suasana Lomba Balita Sehat di Balai Desa Blimbingsari

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close