Daerah

Sony Indra Syahputra, Altelit Panahan Aceh Tamiang Harumkan Indonesia Tingkat Asean

Sosok Sony Indra Syahputra Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Aceh Tamiang merupakan Altelit Panahan yang telah mengharumkan Indonesia di Kompetisi panahan Asean Selangor Barebow Archery Championship 2023 di Selangor, Malaysia yang berlangsung 3-5 Maret 2023 lalu.

Sony Indra Syahputra yang akrab disapa Sony merupakan kelahiran Kota Kualasimpang pada 11 Oktober 1977 lalu berhasil Juara 1 Eliminasi Beregu Putra; bersama rekan regunya Teni Taryana, Zonal Ulul Alba.

Bahkan suami dari Rika Noviza SS juga telah berhasil Juara 2 Kualifikasi Beregu Putra;
Sony Indra Syahputra, Teni Taryana, Zonal Ulul Alba dan Juara 3 Kualifikasi Putra.

Sukses yang di raih Sony bersama Tim yang tergabung di Barebow Pertamina Fastron ini mengantarkan Tim Indonesia menduduki peringkat teratas atau juara umum di laga kelas Barebow. Dengan total membawa pulang ke tanah air 10 medali diantaranya 4 emas, 1 perak, 2 perunggu, 3 juara empat.

Dengan menyisihkan Thailand di peringkat kedua dengan mengantongi 6 medali masing-masing 1 emas, 4 perak, 1 perungu sementara peringkat ketiga diraih Filipina dengan perolehan 1 medali emas dan 1 perak.

Bahkan Malaysia sebagai tuan rumah hanya puas menduduki peringkat keempat. Tim Negeri Jiran ini gagal mendapatkan medali emas, akibat tak mampu mengimbangi tim barebow tangguh Indonesia. Sehingga, Malaysia hanya puas mangontongi 1 medali perak, 1 perunggu, dan 3 juara. Tiga negara lainnya terpaksa kembali ke negaranya dengan tangan kosong, tanpa medali. Yaitu, tim barebow dari Vetnam, Singapura dan Brunei Darussalam.

“Alhamdulillah dapat mewakili Propinsi Aceh untuk Indonesia di ajang Interasional. Dan Alhamdulillah berkat kerja tim yang baik, Tim Indonesia menduduki peringkat teratas atau juara umum di laga kelas Barebow, ” sebut Ayah dari Siti Kanayanika Husna dan Siti Salsabila Nadhifa disela-sela bincang olahraga panahan, Senin (20/3/2023) di Karang Baru.

Sony dengan latar pendidikan S1 Pertanian mengabdi menjadi PNS di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Aceh Tamiang mengatakan bahwa pada Asean Selangor Barebow Archery Championship 2023 di Selangor, Malaysia diikuti peserta 300 atlet panahan kelas Barebow dari tujuh negara. Terdiri 200 orang atlet putra dan 100 orang atlet prutri.

Sony menyampaikan bahwa dirinya di ajang panahan tersebut tergabung dalam tim Barebow Pertamina Fastron yang menurunkan 6 tim putra dan 3 tim putri.

“Terimakasih Barebow Pertamina Fastron sehingga tim dapat menjadi Juara Umum dan bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang Barebow bergengsi tingkat Asean tahun 2023,” ungkap Sony mengahiri.

Berikut atlet Indonesia yang berprestasi meraih juara;

Juara 1 Eliminasi Beregu Putra : Sony Indra Syahputra, Teni Taryana, Zonal Ulul Alba.

Juara 2 Kualifikasi Beregu Putra :
Sony Indra Syahputra, Teni Taryana, Zonal Ulul Alba.

Juara 3 Kualifikasi Putra : Sony Indra Syahputra.

Juara 3 Kualifikasi Beregu Putri : Elis Julianti, Nila Fithrianty, Nurlatifa Usya.

Juara 4 Eliminasi Putra : Teni Taryana.

Juara 4 Eliminasi Beregu Putri : Elis Julianti, Nila Fithrianty, Nurlatifa Usya.

Medali lainnya disumbangkan oleh Tim Warung SS berupa 3 emas, masing-masing :
Yeni Susanto /kulifikasi putra
Aulia Agastya/ kualifikasi putri
Aulia, Ricky anggraini, Ratna / eliminasi beregu putri.

1 perak yaitu Aulia agastya/ eliminasi putri

1 perunggu yaitu Yeni Susanto, Shindu Purwanto, Rio Syahputra/ eliminasi beregu putra

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button