HeadlineJawa Tengah

Sosialisasikan Inkubator Bisnis, HP3KI Berikan Pelatihan Wirausaha di Kota Tegal

BeritaNasional.ID, Tegal – Himpunan Pimpinan, Pendidik, Pelatihan dan Kewirausahaan Indonesia (HP3KI) menggelar Rapat Koordinasi Inkubator ACT Tegal dan Pelatihan, bertempat di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Kamis (19/1/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Direktur Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Wakil Wali Kota Tegal, Sekda Kota Tegal, Ketua Umum HP3KI beserta jajarannya serta para peserta pelatihan kewirausahaan.

Dalam sambutan pembukaan, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.,M.M.,M.H mengatakan bahwa adanya HP3KI dengan programnya dinilai dapat meningkatkan wirausaha yang lebih maju.

“Wirausaha baru inkubator bisnis dinilai cukup berhasil untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup usaha baru untuk terus berkembang dan bersaing dalam dunia bisnis,” ucap dr Prima.

Sementara Ketua Umum HP3KI, Drs. HM Ali Badarudin, SH.,MM mengungkapkan pihaknya akan memberikan pembinaan terhadap wirausaha di Kota Tegal dan melakukan program dari Kemendikbud Ristek.

“Kita disini adalah dalam rangka mensosialisasikan inkubator ACT HP3KI dengan melihat program dari Kemendikbud Ristek untuk membina wirausaha di Tegal serta memberikan assesmen managemen,” ungkap Ali.

Selain itu HP3KI juga mengajari bagaimana wirausaha bisa berfikir untuk membesarkan usaha dengan memotivasi serta telah bekerja sama dengan beberapa kementerian.

“Jadi kita maraton, mulai dari pelantikan, kemudian melakukan kerja sama dengan Kemendikbud Ristek, Kemenaker, Kemenparekraf, Kemenkop UMKM dan sebagainya,” terangnya.

Sementara Wakil Wali Kota Tegal yang juga Dewan Penasehat HP3KI Pusat, Dr (Chand) HM Jumadi, ST.,MM ketika ditemui usai acara mengapresiasi hadirnya HP3KI di Kota Tegal yang bisa dijadikan pilot project bagi daerah-daerah lain.

“Saya mengapresiasi ini karena berdasarkan evaluasi dan monitoring rata-rata PKW tidak tercover dengan baik, oleh karena itu HP3KI akan membantu dari segi permodalan, produk dan pemasarannya,” ujar Jumadi kepada BeritaNasional.ID.

Menurutnya dengan hadirnya dari HP3KI juga diharapkan dapat menjadi support bagi para wirausaha agar lebih semangat lagi dalam mengembangkan UMKM di Kota Tegal.

“Mudah-mudahan ada kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dengan HP3KI agar bisa berkontribusi positif khususnya yang saat ini mendapat pelatihan,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker