DaerahRagamSumateraSUMUT

SPBE Gebang Salurkan 20.000 Tabung LPG 3 Kg Per Hari ke Agen, untuk Warga di Langkat

BeritaNasional.id, Langkat – Di Kabupaten Langkat, Sumut, biasanya dari tahun ketahun akan ada peningkatan permintaan akan gas elpiji 3 kg oleh konsumen, dan disaat itu pula akan terjadi isu kelangkaan elpiji (LPG) 3 kg. Biasanya kelangkaan LPG (Liquified Petroleum Gas) akan terjadi dihari-hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Tahun Baru. Namun untuk mengantisipasi kelangkaan elfiji, biasanya juga, pihak PT. Pertamina akan melakun extra dropping atau penambahan elpiji melalui Stasiun Pengisian Bulk Elpiji.

Untuk Kabupaten Langkat sendiri, saat ini terdapat 3 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) untuk menditribusikan LPG 3 kg untuk wilayah Langkat, diantaranya SPBE Tandem, SPBE Tanjung Beringin-Hinai, dan SPBE Gebang. Untuk SPBE Gebang berada tepat di Dusun X Pangkalan Pinang, Desa Air Hitam, Kecamatan Gebang, Langkat. Keberadaan SPBE biasanya diharapkan mampu mengatasi kelangkaan gas elpiji, khususnya elfiji tabung 3 kg.

Manajer SPBE Gebang, Atharuddin ketika dikonfirmasi beritanasional.id, terkait ada berapa banyak per hari mengeluarkan atau menyalurkan elpiji 3 kg ke Agen elpiji? Atharuddin mengatakan ada berkisar 20.000 tabung elpiji 3 kg.

“Kita hanya distributor penyalur elpiji ke tingkat Agen saja. Agen lah yang akan menyalurkan elpiji ke pangkalan gas yang ada di desa/kelurahan,” sebutnya.

Ditanya soal ada berapa Agen elpiji penyalur yang mengambil elpiji di SPBE Gebang? Pihaknya mengatakan ada 11 Agen elpiji.

Biasanya per hari per Agen, terdapat 3 sampai 5 mobil mengambil elpiji 3 kg. Dalam 1 mobil terdapat 1 LO. Dalam 1 LO= 560 tabung LPG 3 kg.

Terkait isu akan terjadi kelangkaan LPG 3 kg menjelang Idul Fitri? Atharuddin mengatakan, biasanya dalam pertahun disetiap hari besar, akan ada penambahan LPG 3 kg oleh PT. Pertamina.

“Tidak dihari besar Idul Fitri aja yang akan ada penambahan LPG, namun dihari besar keagaman lainnya akan ada penambahan LPG. Setiap Idul Fitri, biasanya 10 menjelang hari H idul Fitri, pihak PT. Pertamina akan lakukan extra dropping,” ungkap Atharuddin, sembari mengatakan, tahun kemarin 1 hari, Agen mendapatkan jatah hingga 5-7 LO atau 7 mobil mengambil LPG 3 kg. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button