DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Suasana Baru Idul Adha, Keluarga Besar Rutan Situbondo Bersama WBP dan Wartawan Nyate Bareng

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM –  Setelah melaksanakan Salat Idul Adha 10 Dulhizah 1444 Hijriyah, ratusan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) bersama Petugas Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo menyembelih hewan qurban kambing sebanyak 13 ekor dan makan sate bersama, Kamis (29/6/2023).

Setelah bakar sate bersama, sebanyak 363 WBP dan 72 pegawai Rutan Situbondo serta sejumlah wartawan makan sate bersama di Aula Baruddin Lopa Rutan Situbondo. “Suasana Hari Raya Idul Adha di Rutan Situbondo serasa merayakan Idul Adha di rumah sendiri. Sebab, setelah turun Salat Idul Adha saya bersama WBP lainnya dilebatkan membakar sate bersama dengan pegawai Rutan Situbondo,” jelas Anang salah satu WBP Rutan Situbondo.

Bakar sate dan makan sate bersama ini, kata Anang, merupakan tradisi baru di Rutan Situbondo. Sebab, selama menjalani masa hukum kurang lebih dua tahun, baru kali ini merasakan momentun Idul Adha di dalam Rutan seperti merayakan Idul Adha di rumah sendiri. “Hari ini kami senang sekali bisa bersama-sama petugas dan Kepala Rutan Situbondo diajarkan menusuk daging untuk di sate, hingga proses bakar sate dan dilanjutkan makan bersama,” jelas Anang salah satu WBP yang turut membantu proses membakar sate.

Proses pembuatan sate kali Ini berbeda dengan sate-sate pada umumnya di Situbondo. Namun, menggunakan resep Sate Blora Ala Pak Karutan. “Rupanya Karutan Situbondo, Pak Rudi Kristiawann pernah menjadi owner Warung Sate Blora dengan nama Mbah Rudi LP di Kota Sidoarjo. “Selama dua tahun menjalani hukuman di Rutan Situbondo, baru kali ini saya bisa merasakan nikmatnya nyate bareng dengan Kepala Rutan, pegawai rutan dan sejumlah wartawan di momentum Idul Adha tahun ini,” pungkas Anang.

Keterangan yang disampaikan Rudi Kristiawan Kepala Rutan Kelas II B Situbondo mengatakan, pelaksanaan Idul Adha di dalam Rutan Situbondo tahun ini, dimulai dari Salat Idul Adha, memotong hewan qurban hingga membakar sate yang diikuti oleh seluruh pegawai dan WBP. “Pada tahun ini Rutan Situbondo memotong hewan qurban 13 ekor kambing,” Karutan Situbondo.

Lebih lanjut, Rudi Kristiawan mengatakan, jumlah hewan qurban yang dipotong tahun ini lebih banyak jika dibanding dengan Idul Adha sebelumnya. “Pada perayaan Idul Adha tahun ini, kita mengajak WBP, petugas rutan dan sejumlah wartawan makan sate bareng,” jelas Rudi Kristiawan.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi Kristiawan, namun dia menjelaskan bahwa kegiatan nyate bersama ini dilaksanakan langsung oleh WBP yang membakar daging sate sebanyak 3000 tusuk. “Sate tersebut di sajikan adil dan merata kepada 363 WBP dan 72 pegawai beserta rekan-rekan wartawan yang telah berkumpul di Aula Bharuddin Lopa  untuk menyantap sate gule bersama,” ujarnya.

Disamping itu, sambung Rudi, dirinya memang menyukai kuliner sate. “Sengaja saya mengajak dan membuat momentum yang berbeda di Rusibon tahun ini. Hal ini saya lakukan agar membuat senang dan nyaman serta mengobati kerinduan semua WBP dengan momentum Idul Adha yang pernah mereka lakukan bersama keluarga di rumahnya,” pungkas Rudi Kristiawan. (Heru/Asad).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button