Daerah

Sukseskan Tahapan Pemilu 2024, PPK Bendahara Gelar Bimtek PPS

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG–Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang tersebar di 33 kampung dalam kecamatan setempat, di Gedung Banta Ahmad Sungai Iyu, Sabtu (11/2/2023).

Dalam kegiatan bimtek tersebut materi yang disampaikan terkait Tupoksi PPS, Verifikasi Faktual DPD serta Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024.

“Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini terkait Tupoksi PPS, Verifikasi Faktual DPD serta Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024,” jelas Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang, Wisma disela – sela kegiatan Bimtek.

Wisma berharap setelah Bimtek ini diberikan, PPS akan mengetahui Tupoksinya sehingga tahapan pemilu dapat berjalan. Kemudian PPS juga dapat maksimal melakukan Verifikasi Faktual DPD serta PPS akan menyampaikan kepada petugas Pantarlih yang telah direkrut di desa untuk melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih secara door to door di masyarakat pada semua TPS.

“Kegiatan Coklit ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi e Coklit. Oleh karena itu bagi pantarlih yang dipilih tentunya harus menggunakan HP Android dan memiliki email aktif untuk dapat mengoperasikan e-coklit,” ssbutnya.

Disebutkan petugas Pantarlih yang akan melakukan coklit dengan cara mendatangi pemilih secara langsung dari rumah ke rumah, dalam melaksanakan tugas nanti pantarlih akan dilengkapi dengan atribut sebagai tanda pengenal yang berupa Rompi, Topi serta Kartu Identitas.

“Kita harapkan kepada PPS dan Pantarlih saat melakukan penyusunan daftar pemilih dan pencocokan serta penelitian dari rumah ke rumah menemui pemilih sejak 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023, ada instrumen yang digunakan Pantarlih untuk mencocokan data yang ada dalam daftar pemilih dengan dokumen kependudukan yang dimiliki pemilih, tujuannya agar tidak ada warga yang terlewati.”harapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button