BatubaraKesehatan

Tahap ke-2 Sub Pin Polio, Dinkes P2KB Baru Bara Raih 100,1% Imunisasi Polio

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan P2KB pada capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di tahap 2 mencapai hingga 100,1% dengan target 38.400 anak dengan usia 0-59 bulan.

“Capaian Sub Pin Polio pada putaran ke-2 sampai tanggal 26 Mei 2023 melebihi target Nasional yang minimal 95%, dan capaian hingga diangka 100,1%,” jelas Kadis Kesehatan dr. Deni melalui Kabid Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Budi Junarman Sinaga, S. Km, M. KM dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Rabu (31/05/2023).

Capaian ini sendiri berdasarkan data yang diterima Dinas Kesehatan P2KB melalui 15 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Batu Bara dengan capaian 100,1% dengan sasaran sebanyak 38.400 anak.

Teks foto: Tabel Capaian Sub Pin Polio Dinas Kesehatan Baru Bara di tahap ke-2.
Teks foto: Tabel Capaian Sub Pin Polio Dinas Kesehatan Baru Bara di tahap ke-2.

Dari capaian ini, Budi menyebutkan ada 5 strategi yang telah dilakukan Dinas Kesehatan P2KB, yakni melakukan berkoordinasi lintas sektor yang melibatkan Kepala OPD, TP PKK, Bunda PAUD, MUI, dan Organisasi Provesi. Advokasi dan sosialisasi melalui radio daerah. Penyediaan Media KIE Sub PIN Polio. Pencanangan Sub PIN Polio oleh Bupati didampingi Forkopimda, Organisasi Provesi, TP PKK/Bunda PAUD. melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sub PIN Polio.

Sebagaimana diketahui, Sub Pin Polio ini adalah kegiatan pemberian Vaksin Polio kepada anak usia 0- 59 bulan. Kegiatan ini merupakan pekan pemberian imunisasi polio guna mencegah dan memutus rantai virus penyakit polio yang mengakibatkan lumpuh layu pada anak.

Sementar itu, berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Pusdatin Kemkes), target pencapaian imunisasi Sub PIN Polio sebesar 95%. Sedangkan data anak usia 0-59 bulan di Kabupaten Batubara juga menurut Pusdatin Kemkes adalah sebanyak 39.243 anak.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan dr. Deni Syahputra menjelaskan di tahap pertama Sub Pin Polio di Batu Bara, target anak yang mengikuti immunisasi Sub PIN Polio sebanyak 39.243 anak. Kabupaten Batubara per 9 Maret 2023 telah memberikan imunisasi terhadap 37.948 anak.

“Ini artinya kita telah melebihi target nasional dengan capaian 96.7%”, terang dr. Deni.

Untuk itu, terhadap para orangtua yang memiliki anak usia 0-59 bulan diharap beramai-ramai mendatangi pusat pelayanan yang tersebar diseluruh Kabupaten Batubara untuk mendapatkan imunisasi polio tahap kedua.

“Ini demi mencegah anak terserang virus polio yang mengakibatkan cacat permanen. Ingat, virus polio belum ada obatnya,” pungkas dr. Deni. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button