Daerah

Tahun Baru, Kades Karangharjo Salurkan Progam “Kanggo Riko” Pada 42 Warga RTM

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Suasana gembira mewarnai di hari tahun baru 2020 ini. Puluhan warga Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, mengucapkan puji syukur ke hadirat-Nya. Dengan raut wajah senang para warga Rumah Tangga Miskin (RTM) itu lantaran menerima bantuan secara bervariasi untuk modal pengembangan usaha dari progam “Kanggo Riko” dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Rabu,(1/1/19).

Sebagaimana diungkapkan Bu Novi (60), warga Dusun Panuwun Mukti Jolondoro, dirinya sangat senang mendapat bantuan berupa 100 anak ayam jenis Joper beserta 2 sak pakan 2 kwintal sentrat dan beberapa vitamin. Baru kali ini dia mengaku mendapatkan bantuan modal usaha, dan dari bantuan tersebut dia berharap bisa mengembangkan usaha ayamnya ke segmen yang lebih besar lagi.

“Hanya di era Pak Miskawi (Kades,red) saya mendapatkan bantuan seperti ini, sebelumnya saya tidak pernah. Mudah mudahan beliau menjadi Kepala Desa terus selanjutnya,” ujarnya.

Menurut Kades Karangharjo Miskawi, bahwa bantuan program “Kanggo Riko” tersebut disalurkan khusus kepada warga rumah tangga miskin. Pemerintah desa berharap bisa membangun ekonomi kerakyatan. Secara garis besar bantuan hibah yang di gelontorkan dari Dana Desa (DD) tersebut untuk menekan angka kemiskinan di desanya.

“Terget kita angka kemiskinan bisa turun 1 % pertahun, dan dengan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, di tahun 2022 nanti kita bisa menjadi desa swasembada,” terangnya.

Bantuan Kanggo Riko kepada warga penerima manfaat nantinya, diyakinkan supaya warga bisa sukses untuk mengembangkan modal usahanya. Sebab, jelas Miskawi, bagi warga yang berhasil, mereka bisa membuat kelompok dan mendapatkan pinjaman lagi di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk pengembangan usaha selanjutnya.

“Selain moment tahun baru, ini sebagai langkah awal yang baru bagi mereka. Bantuan hibah itu kita pantau terus perkembangannya, jika tidak berhasil tidak akan saya ikutkan kelompok. Bagi yang berhasil mereka berhak membuat kelompok sendiri dan pemerintah desa akan memfasilitasi dengan memberi pinjaman dari Bumdes.

Ditambahkan Kades Miskawi, selama dirinya menjabat, sudah 3 kali dia menggelontorkan bantuan seperti ini.

Sekedar di ketahui sejumlah 42 warga tepat sasaran mendapatkan bantuan modal usaha dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2019 sebesar Rp.105 juta. Antara lain bantuan untuk peningkatan UMKM berupa perabot rumah tangga sejumlah 6 orang.

Lalu 23 orang masing masing menerima 2 ekor kambing, 9 orang mendapatkan bibit anak ayam jenis Joper 100 ekor plus 1 kwitntal sak pakan sentrat beserta beberapa vitamin pendukungnya. Kemudian 3 orang mendapat bahan sembako dan 1 orang lagi m3ndapatkan bantuan 1 mesin jahit. (har) 

Caption : Kades Karangharjo Miskawi saat menyampaikan bantuan program Kanggo Riko kepada warga RTM

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button