MalukuMetroOpiniPendidikanRagamSosialSulawesi

Tapak Tilas Menjelang Dua Tahun Penetapan Oputa Yi Koo Sebagai Pahlawan, Ada Pesan Ketua KNPI Kota Baubau

BERITANASIONAL.ID, BAUBAU – Menjelang dua tahun penetapan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi yang bergelar Sultan Buton atau Oputa Yi Koo yang menjabat Sultan Buton ke-20 pada tahun 1752–1755 dan ke-23 pada tahun 1760–1763. Pada bulan november mendatang, Ketua KNPI Baubau, Syamsul Bahri yang akrab di panggil Bang Bojes, tidak lupa mengenang sisi Nasionalis sang sultan.Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi secara resmi dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 7 November 2019 lalu. Sebagai pewaris semangat sultan, belum ada alasan pemuda Buton tidak menyatukan sikap bersama untuk membangun daerah.

“Tugas kita pemuda milenial saat ini, harus mampu bersaing secara global pada bidang masing-masing. Tidak saling menjatuhkan untuk kepentingan sesaat, hingga pada akhirnya merugikan semua” Jelas Bojes kepada awak media ini Minggu, (19/09/2021).

Bojes berpesan kepada pemuda buton secara umum agar saat ini pemuda konsentrasi bagaimana menciptakan suasana persaingan yang sehat guna menunjukkan kedewasaan berpikir.

“Kita perlu mencontoh komitmen kepemimpinan seperti digambarkan Oputa Yi Koo, yang tidak pernah berkompromi dan melawan ketidak adilan dari kebijakan VOC Belanda di tanah Buton” Katanya

Garis besarnya lanjut Aktifis HMI Baubau ini, sebenarnya Oputa Yi Koo, telah menyampaikan pesan kepada kita, bahwa sebagai pemuda, kita harus berjiwa nasionalis, berintegritas yang kokoh dan tidak takut masuk pada sistem atau kekuasaan.

“Semata-mata demi kepentingan negeri, mari kita bersatu pemuda buton, lebih khusus lagi KNPI baubau, jangan ada keretakan diantara kita, karna musuh kita sesungguhnya adalah globalisasi” Pesannya (Red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button