Daerah

Tekan Inflasi, Pemkab Bondowoso Gelar Gerakan Pangan Murah

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Pemkab Bondowoso bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (BPN) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Kegiatan ini digelar secara serentak di 300 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, Senin (1/4/2024). Di Bondowoso, Gerakan Pangan Murah ini dipusatkan di Alun-alun RBA Kironggo.

Dalam GPM panitia menyiapkan 4,5 ton beras dan ludes terbeli oleh masyarakat. Bahkan masih banyak yang tidak kebagian.

Kepala Dinas Petanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bondowoso, Hendri Widitono mengatakan GPM Bondowoso, menyediakan kebutuhan pokok, diantaranya produk pertanian.

“GPM serentak dilakukan se-Indonesia. Dalam setahun dilaksanakan 3 kali. Husus di Bondowoso, PJ Bupati menginginkan Pemkab menyelenggarakan secara mandiri. Jadwalnya masih menunggu beliau pulang dari Dinas Luar (DL),” ungkapnya.

Menurutnya, GPM dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga murah menjelang Idul Fitri 1445 H sekaligus menurunkan angka inflasi.

“Kita nanti juga akan mengadakan GPM sendiri sesuai perintah PJ Bupati. Kita melayani masyarakat untuk mendapatkan pangan murah. Alhamdulillah harga pangan menjelang idul Fitri tidak melonjak seperti hari-hari sebelumnya,” papar Hendri.

Pihaknya berharap, GPM ini bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok pada hari raya dengan harga yang murah. Produk pangan yang disediakan dalam GPM ini meliputi beras, cabai, bawang merah dan bawang putih, minyak goreng, telur, tepung, gula pasir, makanan olahan  dan hasil pertanian.

GPM digelar dalam rangka stabilisasi harga pangan dan penurunan inflasi. Untuk diketahui, pasar murah menjual beras dari Bulog, PT Samudra dan Gapoktan sebanyak 4,5 ton. Minyak goreng camar 200 liter dan minyak goreng dari Bulog 750 liter, telur 50 kg, bawang putih dan bawang merah masing-masing 10 kg, hasil pertanian, olahan pangan dan daging.

Kegiatan Pangan Murah di Bondowoso ini didukung oleh Bulog, ID Food, PT Charon Phokphan, PT Samodra Indo Pangan, PT Tekad Karya Putra, Gapoktan dan, Kelompok Wanita Tani, UMKM Binaan DPKP, UMKM Disnakkan dan Diskominfo Kabupaten Bondowoso. (Syamsul Arifin/Advertorial/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button