Sulbar

Terbaring Sakit, Gubernur Sulbar Besuk Parrawana Towaine Cammana

Sulbar– Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyambangi Cammana di rumahnya di Kelurahan Limboro, Kecamatan Limboro, Kamis, 3 September 2020. Cammana adalah seniman tradisional Mandar yang sudah beberapa bulan terbaring sakit.

Saat mengetahui kedatangan Gubernur Sulbar, Cammana sempat memaksakan diri bangun dari pembaringan. Namun, Ali Baal memintanya tetap berbaring.

“Tidak usah bangun, jangan banyak berpikir, harus banyak istirahat. Semoga Allah SWT mengangkat penyakitnya dan memberikan kesembuhan ” katanya, sambil menggenggam tangan Cammana.
Mendengar penjelasan keluarganya, Ali Baal meminta Camat Limboro, Haidir Jamal agar menghubungi dokter untuk memberi perawatan Cammana di rumahnya.

“Segera hubungi dokter, supaya petugas kesehatan datang kesini memberi perawatan ke beliau. Beliau harus mendapat perawatan serius,” pesan Ali Baal kepada Camat Limboro.

Cammana sejak muda berkiprah sebagai seniman penabuh rebana tradisional dengan sebutan “parrawana towaine” (penabuh rebana perempuan) Mandar. Telah beberapa kali tampil di panggung nasional bersama grup Kiai Kanjeng Emha Ainun Najib. Juga, pada silaturahmi kebudayaan se kawasan Asia di Singapura pada 1994.

Kiprah Cammana sebagai salah satu seniman tradisional yang bertalenta, telah mendapat pengakuan dari pemerintah. Berupa Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Soesilo Bambang Yudoyono, dan penghargaan sebagai Maestro Kesenian Tradisional dari Menteri Pariwisata dan Kebudayaan. (rls)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close