MedanSumateraSumatera Utara

Terkait Medan Zoo, Nimrot Situmeang Usul Pemko Medan Galang Partisipasi Masyarakat

BeritaNasional.ID, MEDAN SUMUT – Calon Legislatif Kota Medan dari Dapil 5 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Nimrot H Situmeang mengusulkan agar Pemko Medan galang partisipasi masyarakat dalam menyelesaikan ragam persoalan yang membelenggu Medan Zoo. Sebagaimana diketahui, Medan Zoo sebagai salah satu unit usaha Perusahaan Umum Daerah Kota Medan mengalami krisis finansial.

Kondisi krisis tersebut diduga telah menjadi sebab matinya 3 (tiga) ekor satwa jenis Harimau Sumatera dan Benggala. Selain itu disebutkan juga bahwa sejumlah pekerja di Medan Zoo tidak gajian selama berbulan-bulan. “Tentu ini sangat memprihatinkan, dan butuh solusi konkrit,” ujar Nimrot Situmeang kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Menurutnya mengatasi situasi tersebut berbagai langkah Pemko Medan tetap diapresiasi. Salah satu yang harus dibenahi adalah menata wajah Medan Zoo agar kembali menjadi destinasi idaman. Selanjutnya adalah langkah untuk menggalang partisipasi masyarakat juga sangat penting.

“Realitasnya hari ini Medan Zoo kalah bersaing dengan tempat liburan warga yang menawarkan fasilitas dan jenis hiburan yang jauh lebih terawat dan menarik,” katanya.

Secara konkrit usul menggalang partisipasi masyarakat adalah dengan pihak Pemko dan Medan Zoo Membangun kerjasama dengan lembaga pendidikan mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Dasar paling tidak di seluruh kota Medan dapat dilakukan.

“Jenjang pendidikan dasar sangat membutuhkan Medan Zoo sebagai sarana pembelajaran pengenalan satwa jadi itu bisa dilakukan,” jelasnya.

Bukan hanya dengan lembaga pendidikan, lembaga keagamaan yang juga concern membina anak usia dini juga bisa diajak untuk berpartisipasi.

“Gereja melalui anak sekolah Minggu dan remaja juga dapat diajak untuk melakukan kegiatan di Medan Zoo dengan berbagai tawaran yang menarik,” urai Calon Legislator Medan Partai Kebangkitan Nusantara No urut 2 dari Dapil 5 meliputi Kecamatan Medan Sunggal, Medan Tuntungan, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Polonia, Medan Maimun itu.

Tetapi usul itu dapat berjalan apabila penataan Medan Zoo baik organisasi dan tata kelola bisnisnya terlebih dahulu dilakukan perbaikan oleh Walikota Medan. (Kiel/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button