DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Terombang Ambing, ABK KM Fajar Nusantara Ditolong Nelayan Panarukan Situbondo

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Diterjang ombak KM Fajar Nusantara karam, 14 anak buah kapal (ABK) terombang ambing di tengah laut dan ditemukan oleh Nelayan Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Satria Kukuh Pratama Nahkoda Kapal KM Fajar Nusantara itu mengatakan bahwa, KM Fajar Nusantara berangkat dari Pelabuhan Tanjung perak, Surabaya, pada hari minggu (19/6/2022) menuju Balikpapan, dengan membawa muatan material bangunan dan sembako.

Selanjutnya, sesampai di perairan laut Sepudi, Sumenep, Madura terjadi cuaca buruk yang menerjang KM Fajar Nusantara. “Ketika mau di perairam Sepudi, Sumenep, Madura tiba-tiba cuaca buruk dan ombak besar menerjang KM Fajar Nusantara. Kita sudah memutar haluan untuk berlabuh di sekitar Pulau Sepudi, sejauh 1 mill. Namun kapal bertubi-tubi di terjang ombak dan diduga mengalami kebocoran di lambung kapal,” jelas Satria Kukuh Pratama Nahkoda Kapal KM Fajar Nusantara, Rabu (22/6/2022).

Tak hanya itu yang disampaikan Satria Kukuh Pratama Nahkoda Kapal KM Fajar Nusantara, namun kembali dia menceritakan perjuangannya melawan ganasnya ombak perairan Sepudi, “Cuaca sangat buruk kemudian kami memutar balik di sekitar pulau Sepudi, tiba-tiba kita kembali diterjang ombak, kapal mulai miring kita semua langsung ambil perlengkapan keselamatan turun ke laut ada sebagian ABK yang melompat dari atas kapal,” tutur Satria.

Satria menambahkan, dirinya dan para ABK lainnya sempat terombang ambing di laut selama berjam-jam hingga ditemukal oleh kapal nelayan asal Panarukan Kabupaten Situbondo. “Ada sekitar 5 jam saya bersama ABK terombang ambing di tengah laut. Alhamdulillah, kami semua di selamatkan oleh kapal nelayan asal Panarukan Situbondo dan di bawa kerumah ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Polair Polres Situbondo, AKP Hari Pamuji mengatakan, seluruh ABK di nyatakan selamat dari kejadian maut tersebut. Untuk selanjutnya, Polairut Polres Situbondo akan mengantarkan seluruh ABK dan juga Nahkoda kembali ke Surabaya melalui jalur darat.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut dan seluruh ABK dan Nahkoda selamat. Oleh karena itu, kita juga sudah koordinasi dengan beberapa pihak untuk mengantar pulang mereka dengan kendaraan dari Polres Situbondo,” jelas Kasat Polair Polres Situbondo, AKP Hari Pamuji.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button