DaerahEks Keresidenan Madiun

TIC Koneksikan Wisata di Kabupaten Madiun

BeritaNasional.ID, Madiun – Bupati Madiun H. Ahmad Dawami meresmikan gedung Tourism Information Center (TIC) di Gor Pangeran Timoer Caruban yang ditandai dengan pemotongan pita , Rabu (19/1 /2022)

Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengatakan peresmian TIC dan Taman Wisata Edukasi Porang diharapkan bisa menjadi tempat belajar pembudidayaan porang.

“Banyak pengunjung dari luar daerah datang ke Madiun untuk belajar budidaya porang. Ini menjadi peluang. Kemudian bagaimana kami menangkap peluang itu,” kata Bupati saat meninjau lahan Porang

TIC itu, lanjut Bupati nantinya bisa menjadi pemantik pengembangan kawasan wisata di Kabupaten Madiun.  Termasuk di Kawasan pedesaan .

“Nantinya semua desa akan terkoneksi dengan TIC. Untuk tahap awal yang terkoneksi desa-desa penghasil porang, seperti Desa Sumberbendo, Pajaran, Klangon, dan lainnya. Di desa-desa itu memang sudah dikenal sebagai penghasil porang,” ujarnya

Pemkab Madiun menyiapkan instruktur profesional di bidang pengembangan porang di Taman Wisata Edukasi Porang sehingga pengunjung bisa berkonsultasi terkait pengembangan tanaman porang.

“Pengunjung yang datang bisa belajar mengenai cara menanam , memilih benih porang yang baik.,” kata Bupati

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono, mengatakan TIC bisa menjadi  pengembangan wisata di Kabupaten Madiun.  Pemkab sudah menyiapkan kendaraan yang bakal membawa wisatawan berkeliling ke desa-desa penghasil porang dan desa wisata.

Ada sepuluh mobil Jeep dan belasan sepeda motor trail yang siap melayani wisatawan. Untuk tarif paket, pihaknya masih melakukan penataaan dan pembahasan.

“Di sini jadi pusat wisata porang. Kemudian akan terkoneksi dengan desa wisata lain. Untuk kebutuhan transportasi sudah ada mobil dan sepeda motor yang disediakan,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button