Jawa Timur

Tidak Beri Tilang, Polantas di Kota Probolinggo Ajak Pelanggar Lalin Doa Bersama Baca Ayat-Ayat Alquran 

BeritaNasional.ID,PROBOLINGGO-Puluhan pengendara motor yang tidak menggunakan helm terjaring razia yang digelar tim Satlantas Polres Probolinggo Kota. Para pengendara itu tidak ditilang polisi, melainkan diajak berdoa bersama baca ayat-ayat Alquran.

Warga yang melanggar lalu lintas tidak kami lakukan tindakan tilang. Mereka kami ajak berdoa bersama baca ayat-ayat Alquran untuk keselamatan dirinya sendiri yang menggunakan motor tanpa helm,” kata AKP Roni Faslah Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota kepada Beritanasional.id”, Minggu (23/10/2022).

Kasat Lantas AKP Roni menjelaskan razia tersebut digelar Polres Probolinggo Kota dengan giat pre-emtif, edukatif dan spiritual di jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo, sekitar pukul 08.00 WIB.

Saat digelar tim Satlantas Polres Probolinggo Kota , ditemukan ada puluhan warga pengguna roda dua yang tidak menggunakan helm. Mereka dihentikan, namun tidak diberikan tindakan tilang,” kata Roni

Selanjutnya, para pengendara tanpa helm ini diminta menepi dan berkumpul. Mereka diminta berdoa untuk keselamatan masing-masing dan tidak mengulangi perbuatannya.

Kami melakukan ini karena tidak semua pelanggaran lalu lintas harus ditilang. Mungkin dengan cara kita ajak berdoa untuk keselamatannya sendiri, bisa menyentuh ke hati nurani mereka sendiri,” kata Kasat Lantas Roni Faslah

Penindakan dengan cara diajak berdoa baca ayat -ayat Alquran ini, langsung dipimpin ustadz Hasanudin Adam,Dengan harapan, warga yang tak mematuhi aturan berlalu lintas ini tidak akan mengulangi perbuatannya.

Roni menjelaskan, untuk lokasi Pasar Baru ini selain rentan dengan pengendara yang melanggar ketentuan tertib lalu lintas juga rawan kemacetan, padahal berbagai edukasi sudah disampaikan ke masyarakat untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas.

Kami berencana juga akan menggelar di empat (4) titik lokasi yang rawan kecelakaan seperti Lawean, Jalan Hamka, Wonoasih, Batas tongas, sambil mengundang ustazd sembari menggelar doa keselamatan,” tutup Kasat Lantas.

 

***Yuli

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button