Daerah

Tim Kisi-Kisi Dispendikbud Situbondo Susun Naskah UNBK SMP

BeritaNasional.ID, SITUBONDO –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo melalui tim kisi-kisi melakukan kegiatan pembuatan naskah soal dan verivikasi pelaksanaan ujian akhir sekolah (USBN) SMP tahun pelajaran 2019/2020, Selasa (4/2/20).

Kegiatan yang berlangsung di aula lantai II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo ini dihadiri para guru pilihan yang sudah mempunyai rekomendasi dari GMP.

Agus Triono M.Pd, Sekretaris Musyawarah Sekolah SMP menjelaskan, untuk naskah soal ujian yang disusun oleh tim kisi-kisi antara lain, matematika sebanyak 40 soal pilihan ganda dan sepuluh materi yang lain, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, IPS, Seni, Prakarya sebanyak 50 soal.

“Untuk materi yang UNBK antara lain materi IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang terhubung dengan server Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo,” jelas Agus Triono.

Sementara itu, Kasi Pembinaan SMP dan Layanan Khusus pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo. Hari Subagio MMPd, berharap kepada tim kisi-kisi penyusun naskah ujian agar menjaga kerahasiaan soal-soal ujian yang di susunnya.

“Saya berharap tim yang sudah dibentuk untuk menyusun naskah soal ujian dapat bekerja sebagaimana mestinya. Tim penyusun kisi-kisi dan naskah soal ujian juga harus bisa menyelesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ujar Hari Subagio.

Ditegaskan Hari Subagyo, untuk semua pihak yang terlibat dalam penyusunan naskah soal UNBK, harus bisa menjaga kerahasiaannya. Karena kerahasian tersebut, merupakan integritas mereka para penyusun naskah ujian.

“Kita tidak ingin muncul sinyalemen jika penyusunan naskah ujian tersebut diakui atau ada salah satu penyusun yang merasa punya naskah tersebut. Hal ini, jangan sampai terjadi dan kerahasian naskah itu juga harus di jaga sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Sony) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close