DaerahRagamSumateraSUMUTTNI Dan Polri

Tim Polres Langkat Lakukan Penilaian Pos Satkamling Merah Putih di Tanjung Pura

BeritaNasional.ID, Langkat – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022, Polres Langkat melaksanakan kegiatan penilaian tiga pilar Pos Satkamling Merah Putih di Kabupaten Langkat, Sumut, salah satunya di Kecamatan Tanjung Pura, Rabu (3/8/2022). Di Kecamatan tersebut, tim Polres Langkat mengunjungi Desa Pulau Banyak, dimana Pos Satkamling Merah Putih berada, yakni berada persis disebelah jembatan gantung (titi gantung) yang merupakan titik daerah perbatasan dua desa didua Kecamatan, yakni Desa Pulau Banyak Kecamatan Tanjung Pura dan Desa Sangga Lima Kecamatan Gebang.

Di Pos Satkamling Desa Pulau Banyak, kunjungan tim penilai dipimpin Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K, melalui Kabag Sumda Polres Langkat, Kompol Waskita Sena Sari, S.E, S.I.K, selalu ketua tim. Dalam kunjunganya kedesa tersebut, Kabag Sumda Polres Langkat ini disambut masyarakat, bahkan kedatanganya disambut dengan tarian adat melayu.

Tidak itu saja, dalam kunjunganya ke Pos Satkamling merah putih Desa Pulau Banyak, juga digelar beberapa kegiatan adegan bagaimanacara menangani keamanan dan ketertiban masyarakat, diantaranya, adegan pengamanan dan keamanan.

Seperti adanya seseorang dari luar daerah yang datang kedesa tersebut untuk melakukan penginapan didesa. Dimana para petugas Satkamling saat itu menanyakan asal usul seseorang, tujuan kemana, dan dalam rangka apa. Sebab menurut mereka, seseorang tamu yang datang dari luar daerah wajib memberi laporan 1X 24 jam.

Kemudian peragaan kegiatan penaganan bagaimana seorang warga yang rumahnya mengalami kemalingan/pencurian hingga cara menangkap maling, juga diperagakan saat itu.

Bahkan cara menolong orang yang baru tenggelam di air, juga diperagakan waktu itu, dikarenakan masyarakat setempat, juga ada yang berprofesi sebagai nelayan tradisionil, dan tinggalnyapun disekitaran aliran sungai, yang sungai tersebut ber-indukan dengan Sungai Sei Batang Serangan di Tanjung Pura.

Kabag Sumda KOMPOL Waskita Sena Sari, S.E, S I.K, dalam kata sambutanya mengatakan ucapan terimakasih kepada masyarakat, kerena kedatangan kami telah disambut, bahkan disambut dengan tarian adat melayu, dan beberapa adengan cara penanganan Kamtibmas, termasuk mencontohkan suara pukulan pentungan dari Pos Satkamling. Dimana setiap nada pukulan pentungan memiliki beberapa arti, diantaranya tanda adanya kemalingan, bencana alam, tanda aman, dan lainnya, sebut KOMPOL Waskita Sena Sari, S I.K.

Tim penilaian juga melakukan pemeriksaan kelengkapan Pos Satkamling Merah Putih, diantaranya, adanya struktur bangunan permanen/non permanen, panel data desa, hadwal poskamling, kentungan/sandi kentungan, buku mutasi, buku tamu, gambar 3 Pilar dan No.Hp, jam dinding, senter, jas hujan, borgol, Alat prokes, alat pemadam api ringan, bendera nerah putih, kotak P3K, dan plank papan nama Pos Kamling.

Sebelumnya diketahui, kedatangan tim rombongan penilaian Pos Satkamling Merah Putih dari Polres Langkat, disambut oleh Kapolsek Tanjung Pura, AKP Surahman, S.H, Camat Tanjung Pura Muhammad Nawawi, S.STP, MSP, perwakilan Danramil 11 Tanjung Pura oleh Serda Aqsa Gojali Harahap yang juga sebagai Bhabinsa Desa Pulau Banyak, Bhabinkamtibmas Pulau Banyak Bripka Dide Kusmayadi, Kepala Desa Pulau Banyak, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

Turut hadir pada peninjauan Pos Satkamling mendampingi Kabag Sumda KOMPOL Waskita Sena Sari, S.E, S I.K, diantaranya, Kasi Humas Polres Langkat AKP Joko Sumpeno, Kanit Provost IPTU Ferisa, KBO Sat Binmas IPTU Tunggul Situmeang, Kanit IV Sat Intelkam IPTU IJ. Sembiring dan rombongan.

Usai acara, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman, S.H, didampingi Kanit Reskrim IPTU Hermawan, S.H, ketika dikonfirnasi Wartawan, terkait keberadaan Pos Satkamling mengatakan, kegiatan Pos kamling ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan swakarsa dan sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya Kamtibmas.

“Kegiatan Sambang Pos Kamling yang akan dilakukan nanti dengan cara menyambangi atau mengunjungi pos keamanan lingkungan atau gardu ronda yang ada di kampung- kampung, pada malam hari,” ungkap Kapolsek.

Gardu ronda merupakan salah satu tempat untuk berkumpul dan wadah saling berbagi informasi dan berkomunikasi dengan warga. Pos Kamling juga merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan dilingkungan melalui kegiatan ronda.

”Dengan adanya kegiatan Sambang Pos Kamling ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. Kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga, sambil menjaga keamanan lingkungannya masing-masing,” bebernya, sembari mengatakan, dengan ada Pos Kamling, juga dapat menciptakan keakraban antar warga sehingga terjalin komunikasi yang baik antara pihak Kepolisian dengan warga sekitar.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button