Maluku

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Polres Haltim Laksanakan Apel Dalam Rangka Operasi Patuh 2020

Beritanasional.ID, Halmahera Timur – Polres Halmahera Timur (Haltim) melaksanakan Apel Gelar Operasi Patuh 2020 di Lapangan Apel Polres Haltim, Kamis (23/7/2020).

Apel dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, dan wilayah Maluku Utara dengan sandi Operasi “Patuh Kie Raha 2020″.

Amanat yang disampaikan Wakapolres, Kompol Muhammad Arif bahwa Operasi Patuh Kie Raha 2020 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid -19.

Serta terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang kondusif di tengah wabanya virus Corona (Covid- 19) pada masa adaptasi kebiasaan tatanan baru.

Operasi Patuh Kie Raha 2020 dilaksanakan dengan mengedepankan 3 tindakan yakni: Satu, tindakan preentif bentuk kegiatan sosialisasi dan imbauan baik secara langsung pada saat patroli maupun melalui media cetak, elektronik dan media sosial.

Dua, tindakan preventif dilakukan dengan kegiatan pengaturan penjagaan dan patroli pada lokasi sesuai sasaran operasi serta menghentikan kendaraan pengemudi dan penumpang tidak menggunakan masker.

Tiga, tindakan represif terhadap sasaran pelanggaran terutama yakni penggunaan Helm, Sni, melawan arus dan kelebihan muatan baik orang maupun barang serta sasaran tambahan yang bersifat pelanggaran umum yang menerobos lampu merah, pengendara dibawa umur dan pelanggaran rambu lalu lintas.

Pelaksanaan Operasi Patuh Kie Raha 2020 agar bersinergi dengan instansi terkait untuk melakukan upaya Kepolisian yang bertujuan mewujudkan kamseltibcarlantas guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Maluku Utara dan khususnya Wilayah Halmahera Timur yang dilakukan dengan cara humanis dan profesional.

Wakapolres didampingi Kasat Lantas IPTU Ikhwan, melalui Kasubaghumas IPTU Jufri Adam Muhammad menjelaskan pelaksanaan Operasi Patuh Kie Raha 2020 secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Juli sampabtanggal 5 Agustus 2020,” jelasnya.

Dalam pelaksaan operasi ada dua kegiatan penting yang akan kita hadapi terjadinya kerumunan masa yakni hari libur menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk rekreasi di tempat-tempat wisata atau silaturrahmi dengan kerabat dan perayaan Hari Raya Idul Adha. Mulai dari salat Ied proses pemotongan hingga penyaluran hewan kurban dapat dilaksanakan dengan ketentuan mengikuti disiplin protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan pelaksana operasi agar dapat mengantisipasi rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

“Pelaksanaan operasi Patuh Kieraha 2020 di wilayah Halmahera Timur melibatkan 20 personil agar segala bentuk kegiatan di lapangan lebih terarah pada tindakan yang humanis mencerminkan profesional , moderen, dan terpercaya dapat mewujudkan kamseltibcarlantas yang kondusif dan aman,” harapnya. (Kasubaghumas Jufri Adam)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close