Daerah

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kopi, Perumda Perkebunan Kahyangan Teken PKS Dengan OPOP Jember Beli Kopi Rakyat

Berita Nasional.ID JEMBER JATIM – Perumda Perkebunan Kahyangan dan One Pesantren One Product (OPOP) Jember melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di lantai 4 Bank Jatim Jember, Jumat (26/4/2024).

PKS tentang pembelian kopi rakyat ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak yang dilakukan Februari 2024 lalu. Penandatanganan PKS, pelaksanaannya bersama dengan sosialisasi dan konsolidasi petani kopi anggota OPOP tersebut digelar.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Perumda Perkebunan Kahyangan Sofyan Sauri mengungkapkan, penandatanganan PKS tersebut merupakan bukti kepedulian pihaknya dan OPOP Jember dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

“Ini bukan hanya soal pembelian kopi rakyat saja, melainkan juga kontribusi kami dalam mensinergikan dengan OPOP Jember. Misalnya pembinaan, pemasaran, dan penggunaan pupuk organik seperti yang disampaikan Pak Sekda (Sekdakab Jember Hadi Sasmito),” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya memilih bekerja sama dengan OPOP Jember dalam pembelian kopi rakyat lantaran OPOP memiliki jaringan Pesantren dan petani kopi yang cukup banyak dengan lahan yang cukup luas pula. Selain itu, OPOP Jember juga mempunyai visi-misi membentuk sociopreneur, santripreneur, dan sebagainya yang melahirkan pelaku ekonomi andal. “Jadi ini bisa membentuk sinergitas yang utuh, kolaborasi yang kami harapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris OPOP Jember Imam Bukhori mengatakan, kerja sama OPOP Jember dengan Perumda Perkebunan Kahyangan adalah kerja sama simbiosis mutualisme. Yaitu kerja sama yang saling menguntungkan, tidak hanya bagi dua lembaga ini tapi juga bagi petani dan Pemkab Jember.

“Jadi kopi robusta di Jember itu potensinya besar sekali, tapi kenapa seperti tenggelam, malah petaninya juga biasa-biasa saja. Inilah makanya kami berkolaborasi,” jelasnya.

Ia berharap, penandatanganan PKS itu dapat menyatukan persepsi dan potensi yang selama ini masih tercerai berai menjadi kekuatan bagi petani kopi rakyat, agar memiliki bargaining positian, sehingga tidak mudah dipermainkan oleh siapapun.

“Nanti OPOP Jember sebagai pelaksana pembelian kopi rakyat sesuai kesepakatan PKS dalam satu pintu agar supaya terjadi persaingan yang sehat antara para tengkulak dan para petani,” jelasnya.

Imam Bukhori mengungkapkan, bahwa potensi kopi rakyat yang sangat besar belum mampu meningkatkan kesejahteraan petaninya, malah selama ini mereka kerap menjadi lahan empuk pengeruk keuntungan para pengijon. Dengan PKS tersebut, lanjutnya, potensi Sumber Daya Alam (kopi) bisa diarahkan untuk menjadi produk dan tidak dijual dalam bentuk setengah jadi. “Dengan potensi kopi yang besar, nanti manfaatnya kembali kepada masyarakat Jember lebih besar lagi,” pungkasnya.

Penandatanganan PKS antara Perumda Perkebunan Kahyangan dengan OPOP Jember disaksikan oleh Sekdakab Jember Hadi Sasmito, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember, Sartini, pejabat Bank Jatim dan para undangan (Aryudi AR/Advertorial/Bernas).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button