Daerah

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdik Mubar Gelar Bimtek Pengelolaan Belajar PAUD

BeritaNasional. ID, Muna Barat – Guna mendukung Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas di Kabupaten Muna Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Barat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belajar Berkualitas Paud Tahun 2021. Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kabid PUD dan SDM Dinas Pendidikan Kabupaten Muna Barat Ashar Kaendo, Senin (25/10/2021).

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 25 sampai 26 Oktober 2021 dengan peserta Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Muna Barat. Jumlah peserta 20 orang serta narasumber dari Perwakilan Kemendikbud Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketua Panitia, Ampera Daneo mengatakan gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas menjadi fokus guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa.

“Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa, agar di masa depan lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas. Secara umum, kualitas lingkungan belajar dapat dibagi menjadi dua yakni kualitas struktural (terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dan pengaturan lingkungan belajar) serta kualitas proses pembelajaran,” ujarnya.

Dikatakannya faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas, diantaranya kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak, pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, kualitas guru dan tenaga kependidikan. “Akan tetapi saat ini, belum semua satuan PAUD memiliki lingkungan belajar yang berkualitas, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran anak serta masih terdapat banyak praktek pembelajaran yang belum sesuai dengan tahap perkembangan dapat menjadi hambatan terwujudnya kualitas lingkungan belajar yang baik,” tuturnya

Sementara itu, Kabid PAUD dan SDM, Ashar Kaendo menyampaikan jika masa anak belajar di tingkat PAUD merupakan masa dimana anak-anak bermain dan menumbuhkan karakter anak serta pengenalan terhadap lingkungan.

“Masa PAUD adalah masa bermain dan menumbuhkan karakter bagi anak. Dan lingkungan belajar berkualitas tidak terlepas dari sarana prasarana yang tersedia guna mendukung proses belajar yang dilakukan di tingkat PAUD, serta didukung dengan suasana interaksi antara guru dengan anak, orang tua serta lingkungan sekitar yang nyaman. Dan bagaimana kedekatan emosi antara pengajar atau pendidik dengan anak dan orang tua siswa karena ini menimbulkan kenyamanan bagi anak tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ashar Kaendo menjelaskan bahwa berdasarkan leraturan pemerintah nomor 2 Tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal mewajibkan pelaksanaan PAUD satu tahun sebelum anak memasuki pendidikan formal sekolah dasar.

“Hal ini memberi dampak strategis Kemendikbudristek dan pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk berkolaborasi dalam membangun kemitraan, sehingga kebijaksanaan dan pelaksanaan program yang mendukung stimulasi tumbuh kembang anak di satuan PAUD berjalan linear, integral dan kolaboratif. Lingkungan belajar yang berkualitas dan peran para pemangku kepentingan dalam mendukung tumbuh kembang anak dengan terciptanya lingkungan belajar yang berkualitas di satuan PAUD,” terangnya.

Ashar Kaendo berharap dari 20 orang peserta yang mengikuti Bimtek, diharapkan bisa meneruskan kepada guru-guru PAUD di masing-masing kecamatan “Dari 20 peserta ini diharapkan dapat meneruskan ke kecamatan masing-masing,” ucapnya.

Dia mengingatkan guru-guru untuk menjalankan prokes sebelum maupun sedang melaksanakan pembelajaran di sekolah, dimana Kabupaten Mubar sudah mulai membuka PTM. “Ini sangat penting dilakukan karenan ini betul-betul mengambil resiko yang luar biasa maka dari itu jangan pernah teledor, jangan pernah menganggap sepele, tetap dan wajib sesuai prokes,” tegas Ashar. (LM Sacriel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button