NasionalPolitik

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu RI Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Stakeholder di Gorontalo

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia ( Bawaslu RI) menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Stakeholder di Provinsi Gorontalo dengan menghadirkan peserta dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Gorontalo, Tokoh Pemuda, tokoh pendidik di Sekolah Luar Biasa, serta Insan Media di Provinsi Gorontalo yang digelar di Foodpedia Kota Gorontalo, Kamis (8/12/2022).

Sosialisasi ini merupakan upaya Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi seluruh pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum tahun 2024.

Diketahui bahwa Bawaslu Provinsi Gorontalo juga telah beberapa kali melakukan kegiatan yang sama dengan melibatkan organisasi pegiat dan pemantau serta organisasi masyarakat hingga tokoh agama dan pemilih pemula.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo, Nikson Entengo, saat memberikan smabutan pada pembukaan kegiatan mengungkapkan alasan pelibatan seluruh stakeholder dalam pengawasan Pemilu, disebabkan jumlah pengawas pemilu tidak berimbang dengan jumlah pemilih dan peserta Pemilu yang harus diawasi.

“Secara kuantitas jumlah pengawas tidak seimbang dengan jumlah yang diawasi. Ini yang menjadi salah satu alasan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu itu menjadi sangat penting,”ungkap Nikson.

Sehingga menurut Nikson Entengo, kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk mewujudkan pengawasan partisipatif pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Hal ini terus dilakukan agar pengawasan pemilu partisipatif benar-benar terwujud,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button