GorontaloHeadline

Tingkatkan Pelayanan Publik, Dinas Dukcapil Bone Bolango Launching Inovasi Si-DiA

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango melaunching Inovasi Si-DiA (Sistem Digitalisasi Administrasi Kependudukan) Terpusat dan Digital.Id di Desa dan Kelurahan se Kabupaten Bone Bolango tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (9/11/2022).

Ketua panitia kegiatan, Budiyanto Sahabu, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan penerbitan dokumen kependudukan sampai ke tingkat desa dan kelurahan serta memberikan kemudahan dan mendekatkan tempat pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan serta pemahaman kepada operator dalam mengimplementasikan dan menerapkan serta mengoperasikan maupun menjalankan aplikasi SIAK terpusat di tingkat desa dan kelurahan.

Dalam sambutannya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisDukcapil) Kabupaten Bone Bolango harus mendapatkan penilaian A+ atau Prima pada tahun ini.

Hamim mengungkapkan nilai pelayanan di Disdukcapil Bone Bolango sudah mulai naik dan sekarang berada di level A-.

“Sekarang bagaimana caranya agar pelayanan tersebut bisa A+ atau prima,”ujarnya.

Hamim menuturkan bahwa jika Disdukcapil dan PTSP sudah A+, maka hal tersebut akan memberi dampak yang baik terhadap citra pemerintahan yang melayani dan mendapat banyak bonus dari pemerintah pusat berupa dana insentif daerah.

Pada kesempatan itu juga Hamim Pou menyampaikan terima kasih kepada para operator aplikasi Si-DiA Terpusat dan Digital.Id yang sudah menjadi ujung tombak pelayanan pemerintahan dan setiap hari berkutat di kantor desa maupun kelurahan untuk melayani administrasi kependudukan masyarakat.

Hamim mengatakan bahwa salah satu bukti layanan pemerintahan itu bagus, salah satunya ditunjukkan lewat kecepatan dalam layanan termasuk layanan kependudukan.

“Jika ada operatornya yang lambat, jarang masuk, tidak punya SOP (Standard Operasional Prosedur) yang baik, sering mengecewakan dan membuat sakit hati warga, maka yang akan kena bukan hanya Anda, tetapi juga Bupati karena Anda adalah representasi Bupati di kelurahan atau desa dalam memberikan berbagai layanan terutama layanan kependudukan tersebut,”ungkap Hamim dihadapan para operator Si-DiA.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bone Bolango, Oktavianus SW Rahman mengungkapkan rasa syukurnya karena sekarang nilai Sistem Penyelenggaraan Pelayanan Publik (SIPP) dari tahun ketahun membaik dari C- hingga sekarang A-.

“Progres kita sudah on the track dan Insya Allah tahun 2022 bisa Prima sesuai harapan Bupati dan ini target kami,”pungkasnya.

Kegiatan launching Inovasi Si-DiA Terpusat dan Digital.Id di Desa dan Kelurahan ini diikuti operator desa 160 orang dan operator kelurahan 5 orang. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button