BondowosoDaerahJawa TimurTMMD

TMMD Bondowoso Bekerjasama Dengan Dinkes Lakukan Penyuluhan KB dan PUP

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116, Kodim 0822 Bondowoso, memberikan penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) dan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Penyuluhan KB dan PUP digelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) kepada masyarakat tempat TMMD ke 116 di Balai Desa Kerang Kecamatan Sukosari, Senin (29/5/2023).

Plt Kepala Dinkes, Agus Winarno, SE, Msi mengtatakan KB sangat penting dalam kehidupan berkeluarga. Sebab keluarga yang harmonis apabila jumlah anggota keluarga sesuai dengan kemampuan ekonomi.

“Untuk menciptakan keluarga harmonis merencanakan jumlah anggota keluarga sangat penting. Ber-KB juga dimaksudkan untuk mencegah kehamilan yang tidak diketahui,” jelasnya.

Kalau dalam satu keluarga, lanjutnya, jumlah melampaui kemampuan ekonomi, maka rentan terjadi gizi buruk atau kekurangan gizi. Menyusui hingga bayi berumur 6 bulan, sangat membantu perkembangan bayi.

Ditambahkan, banyak anak bagi keluarga yang kemampuan ekonominya kurang mapan, merepotkan. Tetapi jika jumlah anak 2, sesuai tagline KB, kesempatan untuk berwirausaha lebih banyak, sehingga kemandirian ekonomi akan lebih dapat diwujudkan.

Yang perlu dipahami oleh masyarakat, bahwa ber-KB bukan hanya minum pil, suntik, atau menggunakan kontrasepsi. Tapi substansinya adalah mengatur kehidupan keluarga melalui Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Sehingga fungsi keluarga yang terdiri dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan dapat dijalankan secara optimal,” jelasnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button