DaerahJawa TimurPendidikanRagam

TNI Ajari Siswa dan Siswi SDN Tentang Wawasan Kebangksaan

BONDOWOSO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas pendidikan, Babinsa Koramil 0822/04 Tenggarang, Serka Lugito membantu para guru untuk mengajar murid Sekolah Dasar Negeri Sumbersalam 2, Desa Sumbersalam, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Senin (30/1/2023).

Keterangan yang disampaikan Danramil 0822/04 Tenggarang Kapten Inf M. Nurdin menyampaikan, kegiatan membantu mengajar yang dilakukan Babinsa Serka Lugito di SDN Sumbersalam 2 merupakan salah satu upaya TNI untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa.

“Selain mengajar didalam kelas, para Babinsa Koramil 0822/04 Tenggarang juga sering memberikan materi wawasan kebangsaan dan baris berbaris kepada para siswa-siswi yang bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin,” jelas Danramil Tenggarang.

Tak hanya itu yang disampaikan Danramil Tenggarang, namun Kapten Inf M. Nurdin juga menjelaskan bahwa sikap tunas bangsa yang tangkas dan cerdas merupakan salah satu modal menuju sukses. “Pelajar harus mampu mengaplikasikan pelajaran baris berbaris. Karena, baris berbaris mempunyai makna folosofi yang multi fungsi. Generasi muda harus siap dengan filosofi dari pelajaran baris berbaris tersebut,” ujarnya.

Sementara, Babinsa Serka Lugito menyampaikan, materi yang diajarkan kepada murid SDN Sumbersalam 2, berupa wawasan kebangsaan dengan tema Pancasila dan Cinta Tanah Air yang diikuti sebanyak 30 orang murid kelas 4 dan 5.

“Beberapa contoh sikap cinta tanah air yang saya ajarkan diantaranya menghormati simbol-simbol negara. Seperti Lambang Burung Garuda dan Bendera Merah Putih. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman dilingkungan sekitar,” jelas Serka Lugito.

Selain itu, sambung Serka Lugito, pihaknya juga mengajarkan cara beribadah serta berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara Indonesia. Dalam bahasa pendidikan disebut pembelajaran karakter kepada murid-murid SDN Sumbersalam 2.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button