TNI Dan Polri

TNI AU di Medan Melaksanakan Karya Bakti Dalam Menyambut HUT TNI AU ke-73 dengan Kurve Bersihkan Makam Massal

BeritaNasional.ID Medan – Warga TNI AU di Medan melaksanakan Karya Bakti dalam rangka kegiatan menyambut HUT TNI AU pada tanggal 9 April mendatang dengan melakukan Kurve masal membersihkan makam para korban jatuhnya pesawat yang terjadi di Sumatera Utara, Kamis (28/3/2019).

Makam masal terletak di jalan Adi Sucipto tepatnya bersebrangan dengan Makosekhanudnas III, merupakan korban akibat kecelakaan pesawat di kebumikan.

Diantara para korban tersebut adalah korban jatuhnya pesawat Fokker F28 Garuda Indonesia yang menabrak gunung Partektekan anak gunung Sibayak pada 11 Juli 1979 dengan korban 62 jiwa.

Lalu korban jatuhnya pesawat Airbus A300-B4 Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA 152 yang jatuh di daerah Sibolangit kabupaten Deli Serdang pada 26 September 1997 dengan korban 220 jiwa.

Disini terdapat juga korban jatuhnya pesawat Boeing 737 -200 milik Mandala Air Lines bernomor penerbangan RI091 yang gagal take off dan jatuh terbakar di jalan Jamin Ginting Padang Bulan Medan pada 5 September 2005 dengan korban 48 jiwa yang di kebumikan secara masal . Dan yang terakhir 7 jenazah yang tak dapat di identifikasi akibat jatuhnya pesawat C-130 Hercules milik TNI AU yang dimakamkan pada 29 Oktober 2015.

Dalam acara Kurve masal ini dihadiri oleh Pangkosek Hanudnas III dan para asisten, para prajurit Wing III dan Yonko 469 serta para prajurit dan perwira di Kosek Hanudnas III dan Lanud Soewondo Medan. Turut pada kegiatan Karya Bakti tersebut, serta untuk lebih menjamin sinergitas TNI-Polri dan pemerintah, personel dari kelurahan Suka Damai dan kecamatan Medan Polonia serta dari kepolisian sektor Medan Baru dan Koramil 05 Medan Baru ikut melaksanakan kurve massal.

Dalam hitungan jam semua area makam nampak bersih dan rapih dan tak satupun sampah terlihat karena telah dibersihkan.

Usai membersihkan areal makan Panglima Kosekhanudnas III bersama para personel yang terlibat Karya Bakti berfoto bersama di tugu makam massal. (Kiel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button