Nasional

TNI Kirim 175 Prajurit Ke Kongo Dalam Misi Perdamaian PBB

BeritaNasional.ID Jakarta – Mabes TNI memberangkatkan Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q Monusco. Ada 175 prajurit TNI yang ditugaskan dalam misi perdamaian PBB ke Kongo.

Upacara pemberangkatan Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q Monusco ini dipimpin Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto di Mabes TNI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (30/1/2020).

“Saya ucapkan selamat kepada para prajurit sekalian yang telah mendapatkan kehormatan sekaligus kepercayaan untuk mengemban tugas internasional, yang tergabung dalam misi pasukan memelihara perdamaian PBB,” kata Joni saat memimpin upacara.

Joni meminta seluruh prajurit yang bertugas dalam misi PBB di Kongo menjaga nama baik NKRI, menjaga keamanan dan memperkecil terjadinya insiden.

Sementara itu, Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Victor H Simatupang mengatakan, Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q Monusco adalah pasukan ke-17 yang diterjunkan ke Kongo.

“Kita sudah 17 tahun bertugas di Kongo. Mereka sudah dilatih selama kurang lebih 30 hari di PMPP TNI,” ujar Simatupang.

Simatupang menjelaskan mainbody satgas ini berasal dari Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 2/PS Payakumbuh, Sumatera Barat.

Prajurit yang ditugaskan dalam misi perdamaian memiliki dua tugas, yakni key task dan major task.

Key task yakni pembangunan camp Rapidly Deployable Battalion (RDB) klemi, RDB manono, dan perpindahan Combat Operation Base (COB) dari Dungu ke Mavivi. Sementara mayor task adalah pembangunan infrastruktur.

Selain Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q Monusco, ada lima negara lain yang juga bertugas di Kongo. Seluruh pasukan dari lima negara tergabung dalam Contingent Engineering (CE).

Kelima negara itu adalah Nepal Engineering Company (NEC), Bangladesh Engineering Company (BEC), Republic South Africa Engineering Company (RSA EC), Uruguay Engineering Company (UEC), dan China Engineering Company (CEC). (DKI/1)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button