ACEH

Tok Dien : Penyemprotan Disinfektan serta Penerapan Protkes Tekan Penyebaran COVID-19

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG — Dalam upaya bersama untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kampung Telaga Meuku Sa Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang rutin setiap bulan melakukan penyemptotan Disinfektan.

“Kita terus berupaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19. Penyemprotan Disinfektan salah satu yang harus dilaksanakan setiap bulannya dan terus menyuarakan penerapan Protkes,” sebut Datok Penghulu Kampung Telaga Meuku Sa,  Hidayahuddiniddah, ST kepada BERITANASIONAL.ID dikantornya, Kamis (2/9/2021).

Bahkan menurut Hidayahuddiniddah yang akrab disapa Tok Dien mengatakan Penyemprotan Disinfektan dilakukan ketika ada warganya yang dinyatakan positif, Tim Satgas COVID-19 Kampung melakukan penyemprotan.

“Jadwalnya rutin setiap bulan, tapi ketika ada warga dinyatakan positif COVID-19. Tim Satgas COVID-19 juga melakukan penyemprotan dirumah warga yang dinyatakan positif dan termasuk rumah yang berada diseputarannya,” jelasnya.

Tok Dien menyampaikan Penyemprotan Disinfektan secara rutin dilakukan tersebut dengan sasaran fasilitas umum dan rumah warga serta pembagian masker secara gratis kepada masyarakat.

Diantaranya Kantor Datok Penghulu, Mesjid, Meunasah, semua sekolah yang berada dalam wilayah Kampung Telaga Sa serta pusat keramaian Pasar Tradisional Pekanan Telaga Meuku Sa juga rumah warga.

Tok Dien juga menyampaikan bahwa dirinya bersama masyarakat harus bahu membahu dalam penerapan Protokol Kesehatan.

” Saat ini posisi Kecamatan Banda Mulia pada Zona Hijau, jadi Telaga Meuku Sa juga harus berperan untuk berupaya bersama mempertahankan peta zona ini,” tegasnya.

Sebagai bentuk peran dalam mempertahankan Zona Hijau ini,  sambungnya terus mengaktifkan Tim Satgas COVID-19 Kampung untuk siaga selalu bersama para perangkat kampung lainnya.

Kemudian Tok Dien menyampaikan menyikapi kondisi Aceh Tamiang pada posisi Zona Merah, Ianya berharap agar semua ini dapat berakhir dengan kerja nyata secara bersama untuk terus menyuarakan penerapan Protokol Kesehatan.

“Semua ini perlu dilakukan secara bersama – sama. Dan tentunya membutuhkan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat,” harap Tok Dien.

Menurutnya penerapan Protokol Kesehatan (Protkes)  tersebut meliputi Mencuci Tangan,  Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas (5 M).

“Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak kita mengabaikan 5 M, maka semakin tinggi pula terpapar virus ini,” ungkapnya. []

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button