Daerah

Tokoh Pemuda Putra Daerah Bondowoso Muncul Sebagai Kandidat Bacabup

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Walaupun masih tinggal 8 bulan lagi, nama-nama Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) sudah mulai bermunculan.

Bacabup dan Bacawabup tersebut ada yang asli Bondowoso berdomisili di Bondowoso dan di Jakarta dan ada pula yang berasal dari luar kota. Mereka sudah saling mengenalkan lewat Medsos tim masing-masing.

Salah satu diantaranya adalah H. Muhammad Asnawi Sabil, Sag, Msi. Tokoh muda ini lahir di Bondowoso dan saat ini tinggal di Jakarta sebagai Sekretaris BPSDM Kementerian Desa RI. Flyer dengan slogan ‘Bondowoso Memanggil Asnawi Sabil’ mulai bertebaran.

Sebagai Sekretaris Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM), salah satu Tusinya adalah menggkoordinir seluruh Pendamping Desa (PD) di seluruh Indonesia, termasuk di Bondowoso.

Yang mana tugas PD memberikan pendampingan terhadap Pemerintah Desa dalam penggunaan Dana Desa (DD). Artinya instrumen ini secara politis sangat strategis untuk memobilisasi masyarakat desa.

Sebelum menempuh karir di Jakarta, alumni PP Nurul Jadid ini pernah menjadi Camat di sejumlah kecamatan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kepala BKP SDM (sebelumnya bernama BKD Red), dan yang lainnya.

Ketika dikonfirmasi tentang rencana sebagai Bacabup Bondowoso oleh awak media, Sabil, sapaannya mengatakan masih akan menikmati karinya di Jakarta sebagai Sekretaris BPSDM Kementerian Desa RI.

“Ada 3 unsur yang bisa meluluhkan saya sebagai Bacabup. Pertama orang tua, kedua almamater saya, para masayikh Nurul Jadid (NJ), dan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Kalau ketiganya memerintahkan, saya siap maju,” kata Sabil.

Dan sampai saat ini, lanjutnya, saya belum menyampaikan pada orang tua dan tidak pernah berkomunikasi tentang Pilbup, baik dengan NJ maupun NU. Yang lebih penting, sampai saat ini belum ada Parpol yang melamarnya untuk menjadi Bacabup. (Syansul Arifin/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button