BondowosoDaerahJawa Timur

Tutup Program Rutilahu, Pangdam V Brawijaya Berterima Kasih Pada Gubernur Jatim

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM  –  Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) bantuan dari Gubernur Jatim yang bekerja sama dengan Kodam V/Brawijaya menjadi rumah tinggal layak huni dinilai meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bondowoso.

Program tersebut sudah selesai dilaksanakan dan dilakukan penutupan di Rumah Ny. Misyati Desa Gebang Rt. 06 Rw. 03 Kecamatan Tenggarang. Penutupn dilakukan secara virtual secara serentak bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Penutupan tersebut diikuti 100 peserta. Penanggung jawab kegiatan adalah Pasiter Kodim 0822/Bondowoso Kapten Arm Yonaidi Desianto. Hadir dalam Vidcon, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., Kadis Kawasan dan Cipta Karya Provinsi Jatim, I Nyoman Gunadi.

Turut hadir dalam Vidcon, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta M.Tr.Hanla, Kapolres AKBP Bimo Arianto S.H., S.I.K., Wabub H. Irwan Bakhtiar SE, M.Si, Kadinsos P3AKB Hj. Anisatul Hamidah, Msi, Muspika Kecamatan Tenggarang dan Kades Gebang.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A, mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena dapat hadir pada Penutupan secara serentak Renovasi Rutilahu Dan Pembangunan Jamban Keluarga Bertempat, Kamis (7/9/2023).

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Pangdam V/Brawijaya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Gubernur Jawa Timur,” kata Pamgdam Farid, sapaannya.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada segenap jajaran Pemerintah Daerah, lanjutnya, dan elemen masyarakat serta semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan renovasi Rutilahu dan pembangunan jamban keluarga TA. 2023.

Ditambahkan, baik yang membantu secara moril maupun materiil, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman, sukses dan sesuai dengan batas waktu yang telah di tetapkan.

Kegiatan Bakti TNI renovasi Rutilahu dengan alokasi sebanyak 1.650 unit rumah tersebar di 10 Kabupaten. Yaitu Kodim 0806/Trenggalek, Kodim 0807/Tulungagung, Kodim 0808/Blitar.

Kemudian Kodim 0813/Bojonegoro, Kodim 0815/Mojokerto, Kodim 0818/Kabupsten Malang,  Kodim 0821/Lumajang, Kodim 0822/Bondowoso, Kodim 0816/Sidoarjo dan Kodim 0817/Gresik.

Sedangkan Pembangunan Jamban Keluarga sebanyak 210 unit jamban dilaksanakan di 2 Kabupaten yaitu Kodim 0804/Magetan dan Kodim 0809/Kediri. Dengan sasaran masyarakat kategori rumah tangga kurang mampu dengan mengunakan APBD Provinsi Jawa Timur.

“Program Bakti TNI renovasi Rutilahu dan Pembangunan Jamban Keluarga tahun 2023 telah selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Dengan hasil pekerjaan 100% dalam keadaan baik dan sesuai dengan RAB,” kata Pangdam.

Harapan saya, lanjutnya, semoga dengan selesainya renovasi Rutilahu dan Pembangunan Jamban Keluarga, bisa bermanfaat dan berdampak yang besar bagi kehidupan masyarakat.

Serta dapat meningkatkan harkat dan martabat keluarga penerima program tersebut. Program Bakti TNI renovasi Rutilahu dan Pembangunan Jamban Keluarga tahun 2023 merupakan kegiatan yang didasari adanya sinergitas antara TNI, Pemerintah Daerah, seluruh elemen bangsa dan warga masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan secara bahu-membahu untuk menumbuhkan semangat gotong royong didalam mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup yang layak.

Sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat, guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Melalui kegiatan Karya Bakti renovasi Rutilahu dan Pembangunan Jamban Keluarga, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brw bekerjasama dan berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan yang berada di wilayah Jawa Timur.

Program ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dan mendapat  sambutan yang sangat positif dari pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa maupun dari masyarakat.

Karena kegiatan tersebut menyentuh langsung kebutuhan dasar hidup manusia. Berupa perumahan yang layak huni, sehingga warga masyarakat golongan kurang mampu dapat merasakan rumah yang bersih, sehat dan layak huni sehingga dapat meningkatkan harkat, martabat keluarga.

Semoga dengan selesainya kegiatan renovasi Rutilahu dan Pembangunan Jamban Keluarga ini juga memberikan nilai tambah berupa peningkatan kesehatan lingkungan, kehidupan perekonomian masyarakat di wilayah.

“Sekali lagi saya sampaikan agar pembangunan Rutilahu yang telah di bangun dapat dirawat dan di jaga,” pungkas Pangdam.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button