CitizenDaerahRagam

Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan APEI Sulsel, Resmi Ditutup

BeritaNasional. ID, Makassar — Potensi pasar listrik di Sulawesi Selatan cukup besar. Apalagi, dibukanya pasar ASEAN. Tentu serbuan tenaga kelistrikan negara lain di ASEAN tak bisa terelakan. Potensi pasar yang besar tersebut harus dibarengi dengan kompetensi tenaga keslistrikan lokal agar bisa bersaing di bursa tenaga kerja. Kemudian PLN juga menekankan agar mitranya harus cakap alias kompetensi.

Uji sertifikasi kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh (LSK) PT. Andalan Profesi Elektronikal Indonesia (APEI) Sulawesi Selatan, menyadari betul persaingan di tenaga teknik kelistrikan. Makanya, APEI menggelar ujian sertifikasi kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan sejak Rabu, 9 s/d 12 Oktober 2019, Di Hotel JL Star Jalan Boulevard F/8 Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Ir. H. Mudakssir, MT ketua pelaksana kegiatan dalam sambutamya ujian sertifikasi ini, ada tiga yang diuji. Uji Tertulis, Skill (Observasi) dan Tes Wawancara. Ujian ini sudah di lalui dan sangat penting di ikuti Karena kegiatan ini bagian dari untuk mendapatkan pekerjaan. ”Para asesor telah memotret sejauhmana kompetensi pengetahuan kelistrikan, attitude, knowledge, dan lainnya. Ucapnya

Peserta ujian sertifikasi kompetensi ketenaga listrikan ini diikuti Oleh berbagai peserta dari Kabupaten/Kota Se Sulsel dan dari Manokwari Papua Barat.

Dari sekian jumlah peserta dibagi menjadi dua unit kompetensi yaitu Pembangunan/pemasangan dan Pemeliharaan.  Untuk unit kompetensi Dister dan Distem baik pembangunan/pemasangan maupun pemeliharaan dengan masing-masing Tim Asesor unuit Pembangunan/Pemasangan yaitu Agus Edi Suhanto, Machmud. A, dan Faisal Lubis  sedangkan unit Pemeliharaan yaitu Tri Jarwa, Tri Hardono, dan Yunus Tjandi

”Kita di pasar konstruksi bidang ketenagalistrikan. Ini merupakan potensi yang besar, olehnya saudara kembali ke daerah masing – masing bisa menjalin kemitraan bersama PLN nantinya.

Untuk mengantisipasi masuknya tenaga asing. Caranya, dengan melakukan uji kompetensi agar bisa bersaing dengan tenaga konstruksi listrik dari negara lain,” Lanjutnya H. Mudakssir

Ketua Umum PD APEI Sulsel H. Muh. Saleh, ST mengatakan dengan adanya kompetensi yang tersertifikasi, baik melalui tenaga terampil maupun tenaga ahli, peluang merebut pasar bagi tenaga kerja kelistrikan akan semakin besar. ”Saya harap saudara saudara bisa menjadi kebanggaan APEI, karena kita semua adalah keluarga besar untuk saling berkomitmen membesarkan dan menjaga nama baik APEI,” ucap Muh. Saleh.

(Rudi Hr)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close