DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Unik !!! Kades Besuki Sulap Balai Desa Terjelek Jadi Bali Desa Rasa Pendopo

BeritaNasional.ID ,SITUBONDO – Demi untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik terhadap warganya, Kepala desa (Kades) Besuki kecamatan Besuki Situbondo menyulap Balai desanya bak Pendopo Kabupaten dengan hiasan dari barang – barang antik (kuno) bernilai ratusan juta rupiah. Selasa 6/10/2020.

Kepala Desa Besuki Husamah Bahres mengatakan pembangunan balai desa dan peningakatan pelayanan oleh perangkat desa merupakan amanah undang-undang, pemdes harus memberikan pelayanan yang prima dan baik terhadap warga desa, untuk itu dirinya merelakan koleksi barang kuno miliknya dipajang di balai desa demi memberikan kenyamanan dan edukasi terhadap masyarakat.

“Dalam memberikan pelayanan tang memuaskan bagi masyarakat Desa Besuki kami bangun kantor dan balai desa dengan Angaran Dana Desa, untuk menunjang kenyamanannya kami hias balai desa barang kuno koleksi pribadi dengan tujuan memberikan edukasi terhadap masyarakat jika kita ini memiliki sejarah yang luar biasa, kebanyakan disini barang kuno/antik dari jaman kolonial Belanda,”Ucap Husama Bahres.

Dijelaskan oleh Husamah jika Besuki adalah daerah penuh sejarah terutama jaman kolonial, namun benda – benda peninggalan sejarah tersebut sudah tidak bisa ditemukan lagi di Besuki, sehingga dirinya berupaya mengembalikan kenagan bersejarah tersebut semampunya.

” Semua pasti tahu Besuki ini adalah kota yang penuh sejarah pada jaman dulu, sehingga menjadi sebuah karesidenan, untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat utamanya generasi milenial, disini kita siapkan seperti telepon dari jaman perang dunia kedua, Delman, radio, jam dinding sepeda jaman Belanda dan Jepang, lukisan dari kulit gajah, telepon – telepon kuno serta barang lainnya,”Jelasnya.

Dini (23) Seorang warga yang ditemui oleh awak media saat menunggu pelayanan mengaku sangat nyaman dengan pelayanan perangkat desa, bahkan suasana balai desa yang penuh dengan benda – benda historis membuatnya tambah betah di balai desa.

“Kaget juga melihat perubahan balai Desa Besuki yang terkesan sangat mewah, disini kita bisa melihat barang – barang penuh sejarah dan bernilai seni tinggi yang tidak ada di jaman sekarang sehingga ini menambah juga pengetahuan bagi kami, menurut saya dulu balai desa ini terjelek, sekarang berubah menjadi balai desa terbaik se Situbondo,” Ujarnya.

Dibalai desa tersebut menurut Dini selain dirinya mendapatkan pelayanan tapi juga di manjakan dengan berbagai spot foto yang menarik,”Serasa berwisata disini, yang bikin kaget selain balai desa yang unik, Kamar atau toilet yang disediakan oleh Pemdes bak berada di hotel mewah, masyarakat betul – betul sangat dimanjakan disini,”Tandasnya.

Oleh pemerintah Desa Besuki, Balai desa tersebut tak hanya dibuka untuk pelayanan bagi warganya saja, tapi juga dibuka dan digratiskan untuk kalangan umum yang ingin berwisata dan mengenal barang – barang bersejarah.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close