DaerahJawa TimurSitubondo

Upacara Harjakasi ke-205, Bupati Situbondo dan Forkopimda Serta Kepala OPD Gunakan Pakaian Rasok Aghung

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 tahun 2023 berbeda dengan upacara tahun-tahun lalu. Sebab, dalam upacara Harjakasi tahun ini, pakaian khas Kabupaten Situbondo atau pakaian kebesaran ‘Rasok Aghung’ yang digunakan Bupati dan Forkopimda Situbondo serta Kepala OPD Pemkab Situbondo tampil lebih elegan, Selasa (15/8/2023).

Upacara Peringatan Harjakasi Ke-205 Tahun 2023 yang mengangkat tema “Bersama Kita Lanjutkan Situbondo Berjaya“ dipimpin oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M., dan dihadiri Wakil Bupati, Nyai Hj. Khoirani, S.Pd., M.H., Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, S.E., Kajari Ginanjar Cahya Permana, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Achmad Rasjid, SH., Ketua DPRD Edy Wahyudi, S.E., Sekda Wawan Setiawan, S.H., M.H.

Selanjutnya, perwakilan PLP Mar 5 Baluran Mayor Mar I Nengah Suryanata, Ketua MUI Drs. Muhammad Abu Bakar Al Muhdhor, M.Pd., Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Juma’ati, Ketua Bhayangkari Ny. Indah Dwi Sumrahadi Rakhmanto, Ketua Darma Wanita Ny. Juli Wawan Setiawan, Para Asisten, OPD dan Camat di Jajaran Pemkab Situbondo, Direktur RS dan BUMN se Kab Situbondo serta Peserta Kirab dan Peserta Upacara.

Sebelum upacara dilaksanakan terlebih dahulu dilaksankan Kirab Harjakasi ke-205 yang diikuti oleh instansi Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Situbondo diantaranya TNI, Polri,  Satpol PP, Damkar, Dishub, Tagana, BPBD, Korpri, PGRI, IGTKI, HIMPAUDI, Aisyah Muhammadiyah, Muslimat NU dan Fatayat NU, Mahasiswa, Pelajar SMP dan SMA, Pramuka, Korsik Pemkab Situbondo dan Paduan Suara Gita Praja Pemkab Situbondo.

Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi ketika diwawancari sejumlah wartawan mengatakan bahwa peringatan Harjakasi ini menjadi momentum kepada masyarakat khususnya terciptanya masyarakat Situbondo yang adil dan berjaya. “Mewakili Pemerintah, Kami berterima kasih Kepada seluruh masyarakat Situbondo dan kepada tokoh pejuang Kabupaten Situbondo yang telah memberikan kontribusi untuk Kabupaten Situbondo semakin maju,” jelas Bupati Situbondo.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan, Kabupaten Situbondo telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dan peningkatan terkait ekonomi, sosial dan budaya. Kemiskinan ekstrim Kabupaten Situbondo telah menurun sesuai target. “Kado Harjakasi ke-205 yakni Bibit BK 01 dan BK 02 mendapat pengakuan dari Kementerian Pertanian RI dan Rute Baru pelayaran dari Pelabuhan Jangkar Situbondo – Lembar NTB,” jelas Bupati yang akrab di sapa Bung Karna.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo Karna Suswandi, namun dia menjelaskan bahwa momentun peringat Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 tahun 2023 ini juga dilakukan penghibahan atau penyerahan sertifikat rumah korban banjir di 3 lokasi yakni Desa Sliwung dan Kotakan, Kecamatan Situbondo dan Sumberkolak Kecamatan Panarukan. “Jumlah korban banjirnya sebanyak 267 Kepala Keluarga. Dan yang bisa kita serahkan sebanyak 132 Kepala Keluarga,” jelasnya.

Mengenai pakain Rasok Aghung atau Pakaian Kebesaran Khas Situbondo yang baru ini pernah dipakai oleh Bupati Situbondo ke empat yakni Raden Aryo Soedibjo Koesomo. “Saat ini, Kabupaten Situbondo memiliki dua pakaian khas dengan peruntukan yang berbeda. Pakaian khas Situbondo pertama tetap kita gunakan sebagaimana mestinya. Sedangkan, pakaian khas Situbondo yang baru kita gunakan untuk acara-acara resmi kedinasan,”pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button