GorontaloHeadline

Upacara Peringatan Hari Patriotik ke 81 di Bone Bolango, Penjabat Gubernur Jadi Irup

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Upacara peringatan Hari Patriotik ke 81 digelar di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin, (23/1/2023).

Untuk pertama kalinya Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Patriotik tersebut.

Dalam amanatnya Hamka Hendra Noer menyebut bahwa peristiwa tanggal 23 Januari 1942 menjadi potret sifat nasionalisme dan patriotik yang sangat besar dari putra-putri Gorontalo untuk bergabung dengan negara Indonesia.

“Tidak heran jika peristiwa itu membuat Gorontalo diingat sebagai salah satu daerah yang memiliki peran penting dalam memberikan contoh bagi daerah-daerah lain, guna merebut kemerdekaan dan kebebasannya dari penjajahan,”kata Hamka.

Lebih lanjut Hamka menekankan agar semangat Pahlawan Nasional Nani Wartabone yang dengan gagah berani mengusir penjajah dan mengibarkan bendera merah putih dibumi Gorontalo dilestarikan dan dikembangkan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta dalam seluruh kehidupan sehari-hari.

Menurut Hamka, semangat Nani Wartabone, semangat para pejuang, semangat hari patriotik tidak lain dan tidak bukan adalah semangat pantang menyerah, semangat untuk percaya pada kemampuan sendiri serta semangat persatuan.

“Untuk itu momentum 23 Januari tahun 2023 ini saya ingin mengobarkan kembali semangat juang Pahlawan Nasional Nani Wartabone untuk membangun Gorontalo yang kita cintai ini, maka dihari patriotik tahun ini tema yang kami angkat adalah Sinergi, Kolaboratif dan Dedikasi Untuk Gorontalo Maju,”ujarnya.

Dalam amanatnya, Hamka Hendra Noer juga mengungkapkan renacana Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan melakukan rehabilitasi terhadap Rumah Museum Nani Wartabone.

“Mulai tahun ini kita akan lakukan pekerjaan pemeliharaan (rehabilitasi) Rumah (Museum) Nani Wartabone melalui APBD Tahun Anggaran 2023 pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo sebesar Rp. 244.730.000,”ungkap Hamka.

Selain itu rencananya kedepan akan dibuat studio mini sebagai tempat pemutaran film perjuangan yang akan selalu diputar pada saat kunjungan di rumah museum dan bisa dijadikan program rutin untuk para pelajar, mahasiswa dan pemuda.

Usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Patriotik ke 81, Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer beserta Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan para pejabat Forkopimda melakukan ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan istrinya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker