DaerahJawa TimurSitubondoWisata

Urap – Urap Rumput Laut dan Ikan Bakar Kerapu Sumi, Kuliner Favorit Baru di Situbondo

BeritaNasional.ID ,SITUBONDO – Beragam kreasi dan ide-ide kreatif kuliner banyak dimunculkan oleh pengusaha rumah makan atau restoran Juga tenpat – tempat wisata untuk kembali menarik minat pengunjung yang selama ini sepi akibat pandemi Corona Virus Desiase (Covid-19).

Jika anda penikmat kuliner dan sedang melintas di jalur Pantura Jawa – Bali, tidak ada salahnya jika mencoba sebuah menu baru di salah satu restoran di kabupaten Situbondo, rumput laut menjadi sebuah kuliner baru yang kini banyak diburu oleh pengunjung dari luar kota. Minggu 11/10/2020.

Jika selama ini kita menikmati rumput laut berupa es rumput laut atau urap – urao daun kangkung, ditangan Risdiyana pengelola restoran hotel Bhayangkara di lokasi wisata Pantai Pasir Putih Situbondo yakni Urap – Urap rumput laut, sop ikan Baracuda dipadukan dengan ikan bakar Kerapu Sumi yang terkenal empuk dan dipercaya membuat awet muda.

Bahkan pengunjung diperkenankan memanen sendiri rumput dan menangkap kerapu hidup disebuah keramba milik Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo yang dikelola oleh IPTU Suwono KBO Polair Polres Situbondo sekaligus penanggung jawab Hotel Bhayangkara dengan tarif yang sangat ramah di kantong.

Suwasis salah pengujung asal Surabaya yang datang bersama keluarganya mengaku menu urap – urap rumput memiliki sensasi berbeda di lidah,”Rasanya langsung cocok di lidah, krenyes – krenyes dimulut dari urap – urap rumput laut juga menciptakan sensasi tersendiri, apalagi di padu sama sup ikan Baracuda ataupun ikan bakar kerapu sumi, ini tidak saya temukan ditemoat lain kebetulan saya juga penikmat kuliner,”Ujarnya yang berjanji akan membawa rekan – rekannya pada tanggal 14 oktober mendatang ke Pasir Putih.

Sementara itu IPTU Suwono sendiri mengaku ide membuat urap – urap rumput laut berawal dari melimpahnya melimpahnya rumput laut yang tumbuh secara alami disekitarkeramba di wilayah wisata Pantau Pasir Putih.

“Rumput laut dari keramba saya tunjujjan ke istri yang juga oengelola restoran Hotel, ternyata ada resep turun temurun tentang urap – urap rumput laut, langsung dibuat untuk menu baru di restoran sekaligus melestarikan kuliner nenek moyang,” Ucapnya.

Sebagai pengelola restoran, Risdiyati sendiri mengaku kaget karena kuliner baru yaitu Urap – Urap rumput laut ternyata sangat di minati oleh pengunjung,”Beberapa pengunjung bahkan secara khusus memesan menu ini melalui telepon untuk disiapkan sesuai jadwal berliburnya, semoga hal ini bisa menarik minat wisatawan untuk kembali datang ke wisata Pantai Pasir Putih yang baru saja dibuka kembali akibat pandemi Covid-19,”Harapnya.

Selain aromanya yang manis dan gurih , menu urao – urap rumput laut di oadu dengan ikan bakar Kerapu sumi diyakini menjaga kehalusan dan kekencangan kulit, tak heran jika kuliner ini kini banyak diburu pengunjung.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close