BondowosoDaerahJawa Timur

Wabup Bondowoso Ajak Warga Bergotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di alun-alun RBA Ki Ronggo, Kamis (1/6/2022) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bahtiar Rahmat, SE, MM  dan jajaran Forkopimda Plus serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bondowoso dengan mengenakan pakaian khas daerah.

Tema yang diusung dalam Peringatan Hari Pancasila kali ini adalah ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’. Tema ini bermakna pentingnya semangat gotong royong dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Irwan, sapaan Wabup, mengenakan pakaian adat menyampaikan, kolaborasi dan kerjasama yang erat antara TNI dan Pemkab Bondowoso adalah kunci keberhasilan. Mari kita semua bersatu menghadapi tantangan global yang komplek.

“Keberhasilan pembangunan dan pertumbuhan tidak dapat dicapai secara individual, tapi memerlukan kerjasama yang solid antara berbagai komponen masyarakat. Dengan semangat gotong-royong yang terus diperkuat, kita dapat menghadapi bebagai tantangan,” jelasnya.

Mari kita semua, lanjutnya, menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, serta semangat gotong royong untuk membangun peradaban yang berkelanjutan dan pertumbuhan global untuk membawa Indonesia maju.

Ditambahkan, Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Untuk itu, masyarakat harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan dan tata kelola pemerintahan.

“Saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimana berada untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kita harus benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila,” jelasnya.

Kita, lanjutnya, mengekplorasikan pada pola pemerintahan berjiwa interaksi antar sesama anak bangsa. Tugas seluruh komponen pokok bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi kita sebagai bangsa Indonesia.

Ditambahkan, momentum bersejarah tanggal 1 Juni dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila ini telah diperingati oleh seluruh instansi pemerintah, salah satunya Pemerintah Kabupaten Bondowoso yang diikuti jajaran Forkopimda.

Tentunya ini menjadi tekat bersama bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi pedoman sebagai bangsa Indonesia. “Implementasi Pancasila dalam hal Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Bondowoso terjaga dengan baik,” jelasnya.

Selalu hidup rukun, saling menghormati dan saling menghargai antar agama maupun antar suku. Inilah sebuah cerminan ideologi Pancasila. Dengan adanya kerukunan, menghormati dan menghargai sebuah cerminan kita mengamalkan pancasila dalam bernegara.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button