DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Wabup Situbondo Saksikan Penyuntikan Perdana Vaksinasi Vaksin PMK

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani meninjau secara langsung proses perdana pelaksanaan vaksinasi terhadap ternak sapi di Desa Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Selasa (28/06/2022).

Keterangan yang disampaikan Nyai Hj. Khoirani mengatakan bahwa, pihaknya mengajak para peternak sapi untuk mensukseskan agenda vaksinasi hewan ternak sapi tersebut. Hal ini dilakukan demi meminimalisir ternak sapi yang tertular virus PMK.

“Saya atas nama pribadi maupun atas nama pemerintah daerah mengajak kepada seluruh peternak untuk mendukung program vaksinasi PMK. Karena vaksin PMK ini melindungi hewan ternak agar tidak mudah terserang penyakit,” kata Wabup Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Wabup Situbondo ini, namun Nyai Khoi meminta kepada para kepala desa untuk membantu melakukan sosialisasi kepada para peternak atau masyarakat terkait adanya penyuntikan vaksinasi PMK ini. “Saya minta kepada kepala desa mau ikut membantu pelaksanaan vaksinasi PMK ini,” pungkas Wabup Situbondo.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) Situbondo Kholil menyampaikan bahwa, pelaksanaan vaksinasi PMK perdana ini akan berlangsung selama 5 hari. Yaitu di mulai tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2022.

“Apabila vaksinasi sudah habis, maka kita akan mengajukan permohonan vaksin PMK ke Pemerintah Pusat. Sebab, kami masih butuh vaksin PMK sekitar 184.000,” jelas Kholil

Kholil menjelaskan, sapi yang sudah terpapar PMK dan sudah sembuh dari PMK tidak bisa divaksin. “Selain itu, sapi yang hamil juga tidak boleh divaksin. Ini sesuai dengan SOP dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Untuk diketahui, data dari Disnakkan Situbondo hingga hari, ada 2.158 sapi yang terpapar PMK, 185 diantara berhasil sembuh, dan 4 ekor mati serta 1 ekor dipotong paksa.

Publisher                     : Heru Hartanto

Pewarta                       : As’ad zuhaidi anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button