Kalimantan Barat

Wakapolres Sekadau Menghadiri Rapat Koordinasi Pembentukan KPPS Untuk Pemilu 2024

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau mengadakan rapat koordinasi pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban TPS, yang diadakan di Warkop Lupung komplek Pasar Baru Sekadau, pada Selasa, (5/12/2023), dengan mengundang instansi terkait.

Hadir dalam rapat ini Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, S.Pd beserta para Komisioner., Wakapolres Sekadau, Kompol Hoerrudin, S.I.K., M.H., Ketua Bawaslu, Marikhun, S.Sos., Kabid Poldagri Kesbangpol, Hermanto, Kasipidum Kejari Sekadau, Freddi Irawan, S.H., Kabid Trantibun Sat Pol PP, Al Sugito, S.Sos., Kasi Linmas Sat Pol PP, Untung S, dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau.

Rapat digelar dalam rangka koordinasi bersama masing-masing satuan kerja dalam rangka pembentukan KPPS dan petugas TPS terutama menyangkut masalah kesehatan. Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman, menyebutkan bahwa petugas KPPS yang direkrut harus dalam kondisi fisik yang fit dan menjaga netralitas dalam pemilu.

“Berkaca dari pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, kendala di lapangan banyak ditemukan petugas yang sakit, untuk itu diharapkan petugas KPPS dalam kondisi sehat dan harus netral dan tidak terlibat atau bagian dari Partai Politik,” kata Ketua KPU.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono melalui Wakapolres Kompol Hoerrudin dalam kesempatan ini menyatakan bahwa Polres Sekadau sudah menyiapkan personel pengamanan TPS yang jumlahnya disesuaikan dengan tingkat kerawanan di masing-masing TPS.

Terkait masalah kesehatan personel kepolisian yang akan ditugaskan dalam Pam TPS, Wakapolres menyebutkan para personel tersebut mendapat pengecekan kesehatan secara rutin dan diberikan vitamin.

“Personel yang akan kita berangkatkan untuk Pam TPS benar-benar kita lakukan cek kesehatan agar tidak terjadi kendala di lapangan, sementara untuk kekurangan personel kita sudah minta BKO personel dari Polda Kalbar,” ujar Wakapolres.

Kompol Hoerrudin juga menegaskan bahwa Polres Sekadau menjunjung tinggi netralitas Polri dan siap berkolaborasi bersama stakeholders untuk mensukseskan Pemilu 2024 yang aman damai di Kabupaten Sekadau. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button