AsahanDaerah

Wakil Bupati Bilang Pemkab Asahan Akan Bangun BLK

BeritaNasional.ID, Kisaran – Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin menyatakan Pemerintah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara akan membangun BLK (Balai Latihan Kerja) sebagai tempat untuk melatih para calon pencari kerja sehingga mudah mendapatkan lapangan pekerjaan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin ketika melakukan kunjungan ke Kantor BBPLK Medan, Rabu (06/04/2021).

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Asahan berencana akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuannya agar para calon pencari kerja di Kabupaten Asahan memiliki kemahiran atau keterampilan sesuai bidang masing-masing untuk memudahkan mereka memperoleh pekerjaan seperti yang diinginkannya.

Menurut Taufik, rencana pembangunan Balai Latihan Kerja ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan memiliki keahlian di bidangnya sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Saat ini banyak angkatan kerja lulusan SMP dan SMA sederajat, sementara persaingan dunia usaha cukup ketat. Banyak diantara mereka akhirnya tidak diterima di pasar kerja, karena kompetensi yang dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan pencari kerja. Sementara, saat ini perusahaan terus bermunculan di wilayah Kabupaten Asahan, ujar Wabup.

Salah satu langkah yang ditempuh Pemerintah Kaubupaten Asahan, kata Taufik lagi, adalah menghadirkan BLK agar pencari kerja terlebih dulu dilatih sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga ketika mereka melamar pekerjaan bisa langsung diterima karena kompetensinya jelas sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nantinya akan banyak pelatihan yang disediakan dan kemungkinan akan mengadopsi negara – negara maju. Misalnya program yang disediakan meliputi in house training dan on the job training untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya, katanya menambahkan.

Sementara Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, SS, MA, PhD menyambut baik kehadiran Wakil Bupati Asahan dan menyampaikan mendukung penuh niat baik Pemkab Asahan terkait rencana Pembangunan BLK dimaksud.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button