DaerahJawa TimurSitubondo

Wakil Direktur LSM Jawara Resmi Laporkan Camat Situbondo Ke Polisi

BeritaNasional.ID, Situbondo – Merasa telah dipermalukan dan dituduh sebagai anggota LSM abal – abal alias anggota LSM tak jelas, seorang pria bernama Ery Abd Nasir Pelupessy, memenuhi janjinya untuk melaporkan pejabat aparatur sipil negara yakni Camat Situbondo kota, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo (Pemkab) Selasa (30/03/2021) siang.

Dengan didampingi Direktur Media Online Jawara Pos dan Pembina LSM Jawara beserta beberapa anggotanya, resmi mendatangi SPKT Polres Situbondo dengan maksud melaporkan pengaduannya pada Polisi.

Bang Erik, panggilan akrab anggota LSM Jawara menjelaskan bahwa, dirinya menjadi anggota LSM dibekali Surat Tugas resmi.

“Saya disini menjalankan tugas dan dibekali surat tugas. Di LSM Jawara, saya juga sebagai wakil direktur. Jadi pergerakan saya ditanah kelahiran saya sangat jelas dan saya berkomunikasi dengan Camat Situbondo kota sebelumnya baik baik saja kok, “kata bang Erik.

Namun sangat disayangkan, lanjut Bang Erik, bentuk silaturrahim untuk membangun Situbondo, dengan rencana akan menggelar event religi, malah dipelintir.

” Saya tidak terima diperlakukan seperti itu ditanah tumpah darah saya sendiri, “tegasnya.

Untuk itu, sambung Erik, kami secara resmi mempolisikan Camat Situbondo kota dengan sejumlah bukti-bukti pendukung, termasuk pula oknum wartawan dari salah satu media online yang menulis berita secara sepihak. Bahkan, saya juga mempertanyakan status oknum wartawan tersebut. Apakah sudah mempunyai sertifikat UKW dan Media nya legal serta sudah terverifikasi dari dewan pers apa tidak.

” Untuk kejelasan dan agar semuanya terang benderang dimata hukum, kasus ini saya serahkan pada pihak Kepolisian sepenuhnya. Saya yakin, pelajaran hukum yang baik dan benar di Kabupaten Situbondo, menjadi impian semua kalangan masyarakat. Yang jelas, praduga tidak bersalah akan menjadi dasar utama atas pelaporan ini,” pungkas pria yang lahir asli di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo Kota ini.

Sementara, menurut Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jawara Situbondo Niharudin Syah menuturkan, pihaknya sangat menyayangkan atas kejadian tersebut. Ia menjelaskan bahwa, seluruh anggotanya dilarang “ngamen” ke Kades-kades, namun mewajibkan anggotanya menfasilitasi program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat.

” Mohon maaf jika cara kami berlembaga agak berbeda. Kami beraktifitas sesuai motto LSM kami, mengawal negara sepenuh jiwa raga. Tujuan utamanya adalah bagaimana LSM Jawara bisa bermanfaat bagi masyarakat, karena itu sudah harga mati,” papar pria yang akrab dipanggil Gus Aang.

Hal senada diungkapkan, Pembina Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jawara Situbondo Edy Firman SH MH mengatakan, bahwa pihaknya selalu menekankan pada lembaga binaannya agar seluruh anggota LSM Jawara memberikan pencerahan hukum, bukan malah membodohi masyarakat.

” Banyak orang pintar hukum, namun sulit yang cerdas menempatkan hukum pada tempatnya. Etika kita harus menjaga idealisme kita untuk di pelihara, kebersamaan kita rajut demi marwah LSM yang sesungguhnya. Saya sepakat sama Direktur LSM Jawara, bermanfaat bagi masyarakat adalah harga mati, karena itu tujuan utamanya,” kata seorang Lawyer kondang di Kabupaten Situbondo ini.

Sementara Kapolres Situbondo AKBP Ach Imam Rifai SH SIK M PICT M ISS dikonfirmasi melalui Plt Kasubbag Humas Polres Situbondo Iptu Achmad Soetrisno SH membenarkan adanya pengaduan masyarakat yang mengadukan telah dicemarkan nama baiknya yang diedarkan lewat media sosial.

“Benar tadi ada pengaduan masyarakat terkait dugaan pencemaran nama baik yang disebarkan melalui media sosial dan saat ini masih dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut, “pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Situbondo kota, Ir Qurrotul Aini M Si saat dikonfirmasi melalui WhatsApp nya tidak memberikan komentar apapun terkait adanya pelaporan pengaduan masyarakat Nomor : STTLPM/101/III/RES.1.18/2021/JATIM/RES SITUBONDO tanggal 30 Maret 2021, ke SPKT Polres Situbondo oleh pengadu selaku korbannya dari salah satu Wakil Direktur LSM Jawara Situbondo, pria yang berdomisili di Lumajang namun kelahirannya asli putra daerah Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button