Nasional

Wanita Bercadar Jangan Dinilai Negatif

image_pdf
  • – BeritaNasional.ID Jakarta – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Lukman Hakim Syaifudin meminta kepada kaum wanita pengguna cadar agar lebih terbuka dan membaur dengan masyarakat supaya tidak dipandang sebagai ancaman.

Lukman meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak berfikiran negatif terhadap wanita yang mengenakan cadar dan tidak mengkaitkan dengan aksi terorisme. Dia juga meminta agar aksi teror bom tidak disangkut pautkan dengan agama.

Penggunaan cadar, lanjut Lukman, karena alasan keyakinan pemahaman agama. Sehingga dia meminta masyarakat menghargai dan menghormati keyakinan agama masing-masing. Seperti diketahui, belum ada larangan pemakaian cadar di Indonesia.

“Oleh karenanya terhadap saudara-saudara kita yang menggunakan cadar, kita hargai dia, kita hormati dia, karena itu adalah hak nya untuk melaksanakan bagaimana pengamalan dari pemahaman agama yang dimilikinya dan diyakininya,” kata di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Dia menambahkan, bagi pengguna cadar agar bisa memahami situasi dan lingkungan karena sebagian masyarakat muncul keresahan dan kekhawatiran atau kecurigaan terhadap pemakai cadar. Untuk itu, Lukman meminta kepada pengguna cadar agar bisa memberikan rasa aman kepada lingkungannya.

“Tentu menunjukkan bahwa dirinya sama sekali bukanlah ancaman terkait dengan keselamatan keamanan lingkungan dia berada. Oleh karenanya, harus lebih kooperatif, harus lebih terbuka, harus lebih bisa membaur dengan lingkungannya sehingga semua kita merasa aman meskipun ada sesama kita yang menggunakan cadar. Jadi penggunaan cadar bukanlah alasan bagi kita untuk merasa risau, galau, curiga, khawatir,” papar Lukman. (dki1/bams)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close