Jawa TengahTegal

Warga Desa Banjarturi Tegal Gelar Aksi Unjuk Rasa, Begini Tuntutannya

BeritaNasional.ID | TEGAL, JATENG – Ratusan massa warga Desa Banjarturi, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal melakukan aksi unjuk rasa di Balai Desa Banjarturi, Senin 18 September 2023.

Aksi unjuk rasa diawali dengan berkumpul di kediaman salah satu tokoh masyarakat yang menjadi koordinator aksi yaitu Dulhadi.

Kemudian mereka berjalan kaki sambil membentangkan spanduk bertuliskan Sutopo, Yanto, Adit, Fahmi, Camate, wajib diperiksa karena menghalangi pelaksanaan Pilkades PAW Desa Banjarturi.

Sesampainya di Balai Desa Banjarturi, massa yang berjumlah sekitar 250 orang melakukan orasi dengan tuntutan klarifikasi kejelasan penundaan pilkades antar waktu (PAW), serta meminta pihak terkait mempercepat prosesnya.

Setelah melakukan orasi, perwakilan peserta unjuk rasa sejumlah 10 orang melakukan audiensi di dalam Aula Balai Desa Banjarturi.

Dulhadi yang memimpin aksi unjuk rasa mengatakan pihaknya meminta kejelasan pelaksanaan pilkades antar waktu yang sempat tertunda.

“Kami membutuhkan kejelasan terkait penundaan pilkades antar waktu, kalau bisa segera dipercepat, kami menemukan adanya ketidaknetralan dari panitia Pilkades PAW karena memiliki hubungan darah dengan salah satu calon kades PAW,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispermasdes Kabupaten Tegal Dessy Arifianto, S.Sos, MT menyampaikan akan menindaklanjuti tuntutan pengunjuk rasa sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk Pilkades PAW Desa Banjarturi Kecamatan Warureja sementara ditunda oleh Bupati Tegal menunggu selesainya evaluasi pemeriksaan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Tegal yaitu Inspektorat,” jelasnya.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button