NasionalSulawesi

Warga Desa Letta Pinrang Belum Menikmati Hasil Kemerdekaan RI

image_pdf

PINRANG BeritaNasional. ID, –Desa Letta Kecamatan Lembang Kab. Pinrang Sulawesi Selatan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 7.000 Jiwa, hingga sekarang ini belum menikmati hasil Kemerdekaan RI, meski sudah di usia ke-73 Tahun.

Desa Letta yang dikenal sebagai Desa terpencil di Kab. Pinrang, dalam perjalanan ke Desa tersebut harus penuh dengan perjuangan, disamping daerahnya pegunungan juga jalur transfortasi menuju Desa Letta sangat memprihatinkan.

Desa Letta Kecamatan Lembang yang berbatasan langsung Desa Kariango dan Desa Kaseralau Kecamatan Batulappa, Letta merupakan salah satu kerajaan tertua di Pinrang”.

Desa Letta dikenal sebagai pusat Kerajaan Letta di Tondo Bunga”, Desa ini yang penduduknya ramah dan santun meski hidup sehari-harinya sebagai Petani dan Pe-kebun, tapi tentunya ia harus merasakan kenikmatan Kemerdekaan, Baik Kemerdekaan RI maupun di Hari Ulang Tahun Pinrang yang sesungguhnya.

Ironisnya Desa Letta ini belum menikmati namanya penerangan Listrik, termasuk Jalan, hal ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat sampai saat ini belum terjangkau.

Menurut Caddi, seorang tokoh masyarakat Letta,  akses jalan dan listrik sangat didambakan warga bahkan untuk memperjuangkan kepentingan ini, warga Letta turun ke kota Pinrang berdemo di depan gedung DPRD dan PT. PLN.

“Aapabila jalanan bagus maka otomatis harga barang komoditas dari Desa Letta pasti akan mahal,  hanya saja saat ini masyarakat terkadang harus pikul barang komoditas sampai Desa Rajang dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan, sehingga kalau pasar Rajang jatuh pada hari kamis maka warga sudah pikul barangnya pada hari Rabu dan siap siap bermalam,” jelas Caddi dengan nada sedih.

Caddi menceritakan, selama ini Caleg hanya datang berjanji memperbaiki akses jalan ketika mau dipilih , setelah terpilih janjinya tinggal janji dan tidak pernah datang lagi

Pahlawan salah seorang Caleg Partai Bulan Bintang nomor urut 2 yang datang langsung di Desa Letta mendapat perhatian dari warga, karena satu satunya Caleg DPR RI yang datang langsung merasakan penderitaan warga Letta.

Pahlawan kepada warga berjanji untuk tetap memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat Letta meliputi jalan dan listrik , apalagi putra dan putrinya lahir di Kecamatan Lembang dan pernah bekerja di PLN Bakaru puluhan tahun   sehingga mau tidak mau harus memperjuangkan warga Lembang pada khususnya dan warga 9 Kabupaten /Kota di Dapil Sulsel 3, ungkap Pahlawan.

(Risal Bakri).

Show More

Related Articles

Close